10 July 2008

Miss Universe

Kontestan Miss Universe dari Indonesia, Putri Raemawasti sedang menunjukkan pakaian renang (bikini) sebagai persiapan pendahuluan untuk kontes di Nha Trang, Vietnam, Selasa (8/7). Sebanyak 57 miss universe mengikuti pawai atau pertunjukkan tahunan di Nha Trang, Vietnam pada Senin (14/7).



Kontes Kecantikan Miss Universe adalah sebuah acara yang awalnya merupakan cara Pacific Mills untuk mempromosikan produk pakaian renang Catalina mereka pada 1952. Pada tahun 1996, Donald Trump membeli hak kepemilikan kontes ini yang kemudian ditayangkan CBS dan pada 2003 beralih ke NBC. Miss Universe merupakan acara yang prestisius terutama bagi penduduk kawasan Amerika Latin.

Pada tahap awal, peserta Miss Universe mengikuti kontes di negaranya masing-masing dan kemudian memegang gelar Miss negara tersebut seperti Miss Canada atau Miss U.S.A. dan kemudian dikirim mengikuti kontes Miss Universe yang diadakan Organisasi Miss Universe (b. Inggris: Miss Universe Organization).

Karena berbagai macam situasi, jumlah negara peserta selalu berubah; ada yang keluar dan ada yang baru ikut serta. Beberapa peserta baru antara lain:

* Albania - 2002
* Tiongkok - 2002
* Ethiopia - 2004
* Georgia - 2004
* Vietnam - 2004
* Indonesia - 2005
* Latvia - 2005

Sedangkan negara yang selalu ikut serta sejak 1952 adalah Perancis, Jerman, AS, dan Kanada.

Menurut penyelenggara, para peserta baik di tingkat negara maupun dunia, dinilai bukan hanya dari kecantikannya namun termasuk juga kepandaiannya dan sopan santunnya yang dikenal juga dengan 3B yaitu Brain, Beauty, dan Behavior (otak (kecerdasan), kecantikan, dan tingkah laku).

Pada ajang ini, kontestan yang dipilih untuk masuk ke babak semifinal ialah sebanyak 15 besar. Namun pada tahun 2006, jumlah kontestan yang terpilih adalah 20 orang. Selengkapnya

sumber foto: Reuters


Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak