23 September 2008

KOMPAS, Tidak Tahu atau Sengaja?

Hari ini, Senin (22/9), seperti biasa saya membaca Koran KOMPAS. Halaman demi halaman saya buka, sambil mencari berita dan tulisan yang harus saya baca. Sebab, tidak semua berita atau tulisan di KOMPAS saya baca, hanya yang penting-penting saja. Terus terang, jika belum membaca KOMPAS belum lengkap rasanya, dan seperti ada yang tertinggal.


Setelah membuka halaman pertama, dan membacanya, terutama analisis politik atau tulisan analisis teknologi, saya baca sampai habis, halaman selanjutnya yang saya buka adalah halaman Opini. Namun, tidak semua opini saya baca, biasanya satu atau dua opini saja, serta Tajuk Rencana. Langkah selanjutnya, sudah pasti saya buka halaman Olahraga dan membaca berita bola, setelah itu baru saya baca berita ringan yaitu halaman Nama dan Peristiwa, sambil melihat berita iklan.

Namun, halaman dua KOMPAS edisi Senin (22/9), saya pandangi lama-lama, entah kenapa? Sepertinya ada yang aneh dengan berita foto yang diturunkan oleh KOMPAS hari itu. Pikiran saya terbayang pada sebuah lambang yang bisa jadi ada dalam pikiran semua orang, khususnya orang Islam, yaitu lambang Bintang/Perisai Daud. Apa hubungannya antara berita foto KOMPAS dengan lambang Negara Israel tersebut? Sebenarnya tidak ada hal luar biasa. Hanya saja, jika kita pandangi lama-lama, pasti ada yang terasa aneh. Soalnya, pada berita foto berjudul Pesona Mesjid Agung Jawa Tengah, si photographer KOMPAS mengambil gambar mesjid tersebut melalui sebuah celah yang menyerupai Bintang/Perisai Daud. Bedanya, jika Bintang Daud hanya enam sudut, sementara frame yang membingkai Masjid berjumlah delapan sudut. Tetapi sekilas memang mirip. Apakah ini bentuk kesengajaan KOMPAS atau apa, tidak ada yang tahu. Sejauh ini, kita belum membaca ada berita bernada protes dari pemuatan berita foto tersebut.

Sebab, jika benar itu disengaja, yaitu memotret Masjid dari celah yang menyerupai Bintang Daud, berarti muncul kesan penghinaan, bahwa gambar Masjid dilindungi oleh Bintang Daud. Entahlah, itu mungkin hanya cara pandang saya saja. Namun, bagaimana jadi ada maksud lain di balik pemuatan foto tersebut? Saya bukan mencari sensasi, cuma mencoba melihat sesuatu secara mendalam saja. Soalnya, KOMPAS menjadi media yang setiap saat say abaca, baik versi cetak maupun versi online. Jadi, agar tidak menimbulkan macam-macam, saya mencoba mengomentari sedikit saja, mudah-mudahan KOMPAS tetap menjunjung tinggi pluralism dan tidak melakukan penghinaan terhadap penganut suatu agama. Kita tahu KOMPAS sudah sangat professional dalam menyajikan sebuah berita, sehingga menjadi bacaan sehari-hari masyarakat di sini, termasuk saya. Terima kasih.

Artikel Terkait

15 comments

apakah ada udang dibalik batu???

Hemmm .... kayaknya antara lambang bintang david nya yahudi dengan bidikan si fotografer itu tidak sama tuh bang , kalo kita lihat lihat lagi, dentuk bujur sangkar seperti itu sebenarnya digunakan oleh banyak mesjid ..... dan identitas bintang david itu sendiri adalah perpaduan antara 2 buah segitiga yang bisa dilihat secara ambigram, dan ini juga berasal dari lambang jangjar dan buku nya yahudi ....

http://tbn0.google.com/images?q=tbn:LA7tnWdpyNxvJM:http://www.kapanlagi.com/p/laskar_cinta.jpg kalo yang ini gimana?

Sebenarnya bintang segi 8 itu dipakai oleh negara-negara arab...

http://en.wikipedia.org/wiki/Rub_El_Hizb

kayaknya bung tinta mirah deh yang mesti cek dulu sebelum posting, bukan wartawan kompas.

ini menarik ni. emang cara berpikir n sudut pandang kita berbeda-beda. kalau saya mlihat foto tsb, menurut saya si fotographer ingin mendapat gambar dengan sensasi yang berbeda, unik dan menarik, seakan mesjid dilingkari bintang, yang bermakna akan lbh keislaman. Namun seperti Tinta Merah ungkapkan juga, tidak tertutup kemungkinan akan ada unsur lain.

Kalau melihat secara sepintas dan sekilas foto, mungkin bung tinta mirah teringat dengan 'Tzipi Livni' PM baru Israel yang dimuat pada halaman sebelumnya.
Saya setuju, seperti kata 'tungku mudabentara' bintang yng jadi frame foto itu tidak dengan bintang David, penggabungan antara segitiga yang berarti 'mata pedang' dan segitiga terbalik/piramida terbalik melambangkan cawan.
Penggabungan kedua segita itu juga berati 'gabungan laki-laki dan perempuan'--pedang dan cawan. Entahlah...

waw...ternyata banyak banget tanggapannya...iya sih memang gambarnya tidak sama seperti bunyi di tulisan saya, tetapi kata saya menyerupai...ada udang di balik batu?

kalo aku mikir, si fotografer cuma pengen mangasah kemampuan fotografi nya dia aja.. kan keren gitu kalo ada foto objek yg keliatan dr sudut lubang yang lain.. ya kaya foto itu.
Kalo soal lambang, g ngerti jg sih.
Tapi rasa e beda deh.. lambang bintang Daud ama yang d kaca itu..(^^,)*

nurut aq, kita ambil sudut pandang baik-a aja, berhub ini bulan baik ya.........salam t penulis aja. FIFI

Itu jelas-jelas Beda, bintang daud pada bendera israel jumlah sisi-sisinya tidak sama dengan teralis pada foto masjid itu.
Sama-sama poligon, Pentagon tidak sama dengan Hexagon. Saya menghimbau untuk selalu berprasangka baik saja.

Wah aku enggak mau koment mau ikut baca aja!

Hehehehe...mungkin fotografer menilai sudut ambilan diantara lubang itu penuh dengan keindahan dan tentunya unik...hehehehe

lagian kalo menurut saya yg awam sih itu beda kok....gak ada unsur penghinaan...

yaah kalo sengaja sih pasti sengaja, tp motivasinya pasti beda...hehehehe

sante aja bang...hihihihi

Tuk Bambang & Sulae..
Terima kasih...ide tulisan ini biasa saja, namun ditulis dengan provokatif, sehingga mendatangkan respon yang luar biasa. Tujuannya juga bukan untuk apa-apa, sekadar mengajak pembaca memandang kritis suatu persoalan, siapa tahu ada udang di balik batu...iya kan

saya rasa itu cuma unsur ketidaksengajaan,apalagi kan tidak sama dengan logo zionis,,,

kayaknya bung tinta mirah saja yang salah tanggap,.....jelas2 sangat berbeda. bintang david itu perpaduan antara 2 buah segitiga ( piramid,...salah satunya segitiga terbalik) jadi wartawan kompas yang mengambil gambar tersebut juga,..gak salah koq....makanya sebelum posting,..di cek dan ricek dulu dong


EmoticonEmoticon