17 August 2009

Cara Membuat dan Membaca QR Code

Jika anda membuka halaman koran KOMPAS, hampir setiap hari Anda akan melihat gambar seperti di samping. Gambar itu disebut QR Code (Quick Response Code). Awalnya, Saya cukup penasaran ketika pertama melihat gambar itu muncul di KOMPAS. Karena penasaran saya mencoba bertanya sama mbah google. Eh, ternyata tak sulit membuat code itu. Sekali bikin langsung jadi.

Melalui gambar QR Code ini kita bisa menampilkan url, teks, nomor telepon/hp maupun SMS. Jika anda tak sabar membuatnya, silahkan kunjungi situs Kaywa QR Code. Anda akan menjumpai halaman yang langsung menampilkan gambar seperti di bawah ini:


Cara Membuat QR Code
Jika anda masih ada waktu, cobalah baca langkah-langkahnya. Tapi, jika Anda orang sibuk, anda langsung ke link yang sudah disebutkan di atas.

Ini cara membuatnya:
Pada bagian Content type, silakan pilih kode yang ingin kamu tampilkan. Ada empat pilihan yang tersedia, tergantung anda memilih yang mana, yaitu URL, Text (teks), Phone Number (No. telepon), atau SMS (pesan singkat). Pada bagian Content, isilah sesuai content type seperti yang sudah anda pilih di atas.

Soal ukuran, suka-suka anda mau pilih yang mana, kecil (S), sedang (M), besar (L) atau sangat besar (XL). Setelah itu klik tombol generate. Selanjutnya, muncul jendela di sebelah kiri QR Code sesuai dengan tipe yang anda pilih. Copy QR Code tersebut dan paste ke blog anda jika ingin menampilkannya, biar terlihat keren. Hehehe.

Untuk membaca kode tersebut yang diperlukan hanyalah handphone berkamera dan juga menginstall program/aplikasi pembaca kode tersebut. Kamu bisa mendapatkan aplikasi pembaca QR Code di Dakode.Mobi. Setelah kamu download aplikasi reader tersebut, langsung install ke handphone anda. Tunggu sampai proses installasi selesai. Kini, handphone anda sudah siap digunakan sebagain scanner untuk membaca QR Code. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak

5 comments