Dukung Penghapusan Blog Ini

Screenshot blog BMS
Tak ada maksud apa-apa dengan tulisan saya ini. Bukan pula ajakan untuk menghapus dan menutup blog yang saya kelola ini. Tulisan ini muncul berangkat dari sebuah surat yang masuk ke inbox saya yang dikirim seorang teman facebook dengan meminta dukungan agar mendukung penghapusan sebuah blog yang berisi penghinaan terhadap Agama Islam. Setelah saya pelajari seksama, dan membuka blog dimaksud, saya berpendapat, bahwa isi blog tersebut sangat berbahaya dan bisa memancing kemarahan dari umat Islam secara luas.

Sebagai orang yang senang menulis dan menggeluti dunia media, saya percaya bahwa semua orang bebas untuk berekspresi dan menyuarakan pandangannya tanpa dihalang-halangan oleh orang lain. Tetapi ketika kebebasan tersebut digunakan secara kasar, berlebihan dan cenderung menyakiti pihak lain apalagi sebuah pemeluk Agama, maka sudah sewajarnya tindakan tersebut harus dilawan dan ditolak.

Mengenai kebebasan berekspresi ini, saya sempat membolak-balik beberapa peraturan atau undang-undang, yang isinya memang memberikan kebebasan setiap orang untuk menyuarakan pemikiran dan pandangannya melalui sejumlah saluran yang ada. Sebutlah misalnya Undang-undang Dasar 1945, pasal 28 E ayat (2) yang menyatakan: Setiap orang berhak atas kebebasan untuk menyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan nuraninya.

Selanjutnya, Pasal 28 F UUD 1945 juga menyatakan: Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan lingkungan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Berpijak dari UUD tersebut, semua orang merasa memiliki ruang ekspresi yang tak terbatas, sehingga menggunakan secara leluasa. Tetapi pada kenyataannya kebebasan yang dimiliki tersebut sudah digunakan untuk menyerang sebuah keyakinan atau suatu agama. Kenyataan ini saya dapatkan dari blog yang bertitle: Berita Muslim Sahih yang dibuat di layanan blog gratis Wordpress dengan tagline ‘mengenal Islam lebih dekat dengan segala kenyataan yang ada’. Header blog tersebut berisi sebuah gambar kepala burung yang mirip elang. Entah apa maksudnya.

Jika kita baca isinya, baik berupa tulisan atau gambar (ilustrasi) semuanya berisi caci maki dan penghinaan terhadap Agama Islam. Nah, bila teman-teman tidak terusik dengan isi blog tersebut, begitu pesan yang masuk ke inbox saya, kita bisa menempuh langkah diam, dan tidak menjadi masalah. Tetapi, demikian pesan di inbox saya, jika teman ingin agar blog ini ditutup, kita bisa menempuh cara-cara berikut:

1. http://en.wordpress.com/report-spam/
2. Kemudian isi data-data yang diperlukan.
Your Email : isi email
Blog URL : isi dengan blog yang mau diberantas, yaitu: http://beritamuslim.wordpress.com/
Why : isi dengan " BLOG SPAMMING and that blog was insulting religion islam. "[/quote]

Semakin banyak yang melapor semakin cepat blognya ditutup.

Terakhir saya hanya mau berpesan, menulis merupakan salah satu hak kita terutama untuk menyampaikan gagasan, sehingga orang lain tahu apa yang ada di pikiran kita atau apa yang hendak kita sampaikan. Tetapi ketika menulis dimaksudkan untuk tujuan menghina salah satu agama, kita tentu saja tidak sepakat. Karena ini, gunakanlah hak sebaik mungkin, sebelum hak itu dicabut. Maka, dukung penghapusan blog http://beritamuslim.wordpress.com

Note: semoga ada manfaatnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post