27 September 2010

Pasang Adsense di Blog Bahasa Indonesia


Informasi ini bisa jadi kabar gembira untuk para blogger yang memiliki blog bahasa Indonesia. Jika dulu, Google Adsense tidak bisa dipasang di blog berbahasa Indonesia, maka sekarang sepertinya sudah tidak masalah lagi. Banyak blogger sudah mempraktikkannya dan tidak dibanned. Trus, iklan yang muncul bukan lagi iklan layanan masyarakat yang membuat blog kita tidak bisa menghasilkan dollar.

Nah, seperti informasi yang saya baca di blog http://masluhur.com dan http://www.ahmadsofwan.com/2010/07/cara-menampilkan-google-adsense-di-blog.html, anda sudah bisa memasang iklan Adsense di blog Anda, tanpa melanggar ToS Google. Mas Luhur sendiri juga mengaku sudah memasang di blognya, lihat saja di sidebar sebelah kiri/kanan. Saya juga ikut-ikutan mempraktikkan tutorial dari Mas Luhur ini, dan Alhamdulillah iklan Adsense bisa muncul di sidebar sebelah kanan. Coba dilihat saja (kalo diklik juga tak mengapa...hehehe).

Berikut adalah panduannya yang saya kutip dari blog http://masluhur.com/2010/09/cara-legal-memasang-adsense-di-blog-bahasa-indonesia.html:

1. Silakan login ke acount Google Adsense anda kemudian buat adsense for content seperti biasanya, atur template warna dan ukuran yang sesuai dengan web/blog anda. Jangan lupa membuat channel iklannya supaya mudah dikontrol /dianalisa dan mudah dicari tentunya.

2. Setelah membuat channel iklan Adsense for content sampai mendapatkan script kode html, tapi jangan gunakan script tadi karena bukan script itu yang akan kita gunakan. Yang penting, anda ingatlah nama channel iklan tersebut.

3. Selanjutnya, kunjungi http://www.google.com/friendconnect dan silakan login menggunakan data username dan password Google Adsense anda.

4. Masukkan di form yang sudah tersedia: Nama situs web, URL situs web dan Bahasa situs web (pilih Bahasa Indonesia) kemudian klik tombol “Lanjutkan“

5. Klik menu “Adsense” yang terletak di sidebar sebelah kiri, kemudian klik tombol “Asosiasikan akun..…” kemudian pilih unit iklan yang sudah ditentukan. (Channel iklan yang telah anda buat pada tahap nomor 1 tadi)

6. Kemudian klik tombol “Buat kode“

7. Anda akan mendapatkan script kode html, nah tinggal dicopy paste di web/blog anda. SELESAI.

Sekian dulu infonya semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

NOTE: sebelum memasang ada baiknya baca posting http://www.ahmadsofwan.com/2010/09/pelanggaran-tos-google-adsense.html selanjutnya yang menulis cara seperti itu melanggar TOS Google Adsense.

[UPDATE]
Triks dan tutorial di atas sekarang tidak perlu lagi, karena Google Adsense sudah suppot bahasa Indonesia

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak

6 comments