02 May 2011

Osama bin Laden, William dan Obama

Sebagai sesama Muslim, saya mengucapkan Innalillahi wa inna ilaihi radjiun atas meninggalnya Osama Bin Laden. Sesungguhnya semua milik Allah, dan kepada-Nya semua akan kembali. Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan musuh nomor wahid Amerika itu meninggal dalam pertempuran dengan pasukan khusus Amerika Navy Seals, Minggu (1/5) dinihari waktu setempat di sebuah rumah di Abbottabad, sekitar 100 kilometer sebelah utara Ibukota Pakistan, Islamabad.
Osama dianggap sebagai otak pelaku serangan atas menara kembar WTC pada 11 September 2001 silam. Meninggalnya Osama menjadi kemenangan terbesar Amerika Serikat di bawah Presiden Barack Obama. "Malam ini, saya laporkan kepada seluruh rakyat Amerika dan dunia bahwa Amerika Serikat berhasil melaksanakan operasi yang telah membunuh Osama bin Laden, pimpinan Al Qaeda, seorang teroris yang bertanggung jawab atas kematian ribuan pria wanita dan anak-anak tak berdosa," demikian isi pesan singkat Presiden Obama kepada rakyat Amerika.


Meninggalnya pendiri Al Qaeda itu menjadi menarik justru terjadi di tengah-tengah peristiwa besar bersejarah. Sebut saja, perkawinan pewaris tahta Kerajaan Inggris Pangeran William denga Kate Midleton, Jumat (29/4) lalu dan beatifikasi (penobatan sebagai orang suci) Paus Yohannes Paulus II, Minggu (1/5). Dunia belum berhenti bergembira atas pernikahan yang disebut terbesar abad ini setelah perkawinan ayahnya Pangeran Charles dan Putri Diana. Kini, bagi negara-negara Barat, kematian Osama menambah kegembiraan tersebut.


Tak pelak, peristiwa meninggalknya Osama juga akan menjadi bahan kampanye efektif untuk Presiden Obama yang akan bertarung lagi meraih kursi Presiden Amerika untuk kedua kalinya. Momen berkumpulnya ribuan warga Amerika di Gedung Putih untuk merayakan kematian Osama bisa menjelaskan fenomena ini. Setidaknya Partai Demokrat memiliki mantera mujarab melawan serangan dari Republik yang menginginkan Obama tak terpilih untuk kedua kalinya.





Siapa Osama bin Laden? silakan baca di situs Wikipedia. Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin (bahasa Arab: أسامة بن محمد بن عود بن لادن; sering dipanggil Usamah bin Ladin (atauOsama bin Laden dalam ejaan Inggris), (lahir di JeddahArab Saudi10 Maret 1957 – meninggal di AbbottãbadPakistan2 Mei 2011 pada umur 54 tahun) adalah pendiri Al Qaeda.
Dilahirkan di Jeddah, Arab Saudi, kawasan pantai Laut Merah. Usamah adalah anak ke-17 dari 52 bersaudara. Ayahandanya yang bernama Muhammad bin Ladin, adalah seorang petani miskin dari Yaman yang kemudian bermigrasi ke Arab Saudi setelah Perang Dunia II). Di tempat yang baru ini Muhammad bin Ladin memulai dengan usahanya yang baru bergerak dalam bidang bisnis pembangunan. Pada akhirnya ia memenangkan banyak kontrak bagi pembangunan masjid-masjid dan istana-istana yang sangat bernilai dari pemerintah Arab Saudi. Oleh karena itu ia telah mengembangkan tali persahabatan yang sangat akrab dengan keluarga Kerajaan Saudi. Muhammad bin Ladin kemudian telah menjadi salah seorang yang paling kaya di Arab Saudi, yang diperkirakan memiliki keuntungan miliaran dolar Amerika Serikat. Dari keuntungannya ini diperkirakan Muhammad bin Ladin memiliki saham sebesar hampir 300 miliar dolar Amerika.[]

Artikel Terkait

1 comments so far