27 July 2012

Ini Dia Kenikmatan Menulis Blog

Kini, blog bukan lagi ajang untuk narsis, loh! Jika serius, blog juga bisa menghasilkan dan mendatangkan pemasukan bagi pemiliknya. Syaratnya, ya ngeblog secara sehat. Caranya bisa macam-macam: bisa menjual barang, mereview produk elektronik terbaru, menulis tentang biografi orang-orang besar, atau mereview software yang banyak diburu. Intinya, melalui blog kita memberi sesuatu yang diinginkan pengunjung.

Jika biasanya kita senang menulis kisah pribadi, mulailah ubah pelan-pelan. Memang sih, menulis seluk-beluk pribadi tak salah, tapi takutnya nanti akan terkesan narsis dan lebay, sehingga membuat pembaca satu-per-satu kabur dari blog kita. Jangan juga menulis hal-hal serius, karena tak semua pengunjung senang membaca tulisan serius. Kita harus hormati gairah pembaca. Ada di antara mereka yang lelah/bosan membaca berita di cetak atau website politik, lalu ditambah pula memelototi blog kita yang isinya berat-berat. Bisa pecah kepala mereka.

Namun, tak selamanya blog dengan tema/isi berat membosankan. Jika tulisan dikemas apik dan menarik, tentu pengunjung akan betah juga. Apalagi, jika mereka menikmati setiap tulisan yang ada di blog, dan setia menunggu posting terbaru. Tapi jangan siksa pembaca dengan sesuatu yang berat-berat, apalagi menulis secara panjang-lebar.

Biasakan menulis singkat, padat dan jelas. Sampaikan setiap informasi sependek mungkin, tapi tanpa hilang muatannya. Menulis pendek asal jelas ujungnya tentu saja akan membuat pengunjung manja. Buatlah blog kita itu seperti toko yang nyaman didatangi. Tampilkan sesuatunya secara jelas. Pengunjung adalah calon pembeli, dan sebelum membeli sesuatu, mereka tentu saja melihat-lihat dulu isi toko, jika ada yang berkenan di hati baru dibeli.

Begitu juga dengan dunia blog. Pengunjung adalah calon pembeli. Tak jadi soal setelah melihat-lihat, mempreteli dan memeriksa seluruh isi blog kita mereka minta permisi, dan sering tak kembali. Tapi segera pancing mereka agar kembali berkunjung, kapan ada waktu. Syaratnya, buat mereka tak nyaman jika belum melihat posting terbaru dari blog kita.

Itu pun jika blog kita dimaksudkan untuk berjualan atau menghasilkan uang. Tak jadi soal orang menganggap kita blogger matre. Jangan pernah menyesal dengan sebutan itu. Orang cari rezeki itu kan macam-macam, yang penting halal.

Lalu, apakah saya sudah sukses sebagai blogger sehingga berani menulis begini? Saya bukan blogger sukses. Belum juga secara total memilih jadi full-blogger. Ngeblog hanya pekerjaan sampingan, tapi bercita-cita suatu saat bisa serius menggeluti profesi ini. Selain untuk merawat produktivitas menulis, juga karena sebenarnya ngeblog itu nikmat.

Apakah selama ngeblog saya sudah menghasilkan banyak uang? Jujur saya belum makmur dari hasil ngeblog. Karena selama ini blog saya jadikan sebagai tempat menyimpan dokumen. Tapi, yang pasti saya sudah pernah mencicipi rezeki dari ngeblog. Hanya nilainya belum memuaskan seperti yang dinikmati kawan-kawan saya.

Nah, pun demikian, saya ingin membagi sedikit pengetahuan, bagaimana aktivitas ngeblog bisa mendatangkan pemasukan untuk pemiliknya. Setidaknya, ada tiga potensi dari kegiatan ngeblog yang patut dilirik.

1. Program Google Adsense
Bukan rahasia lagi, Google Adsense menjadi sumber pemasukan utama para blogger. Saat ini, mungkin baru Adsense bayarannya paling tinggi, dan nilai per kliknya di atas rata-rata program PTC (Pay Per Click) lainnya. Tak heran jika banyak blogger begitu fokus menambang pundi-pundi dollar dari situs mesin pencari nomor satu di dunia ini.

Jika belum memiliki account Google Adsense, segera daftarkan diri. Bila mbah Google belum menerima pinangan anda, jangan menyerah. Cobalah berkali-kali dan benahi kekurangan blog anda hingga lamaran diterima. Perbaiki terus isi blog anda. Jika masih banyak tulisan copy-paste, hilangkan perlahan-lahan. Karena mbah google ini senang produk asli dan unik. Jika blog anda berisi tulisan gado-gado seperti blog saya ini, segera tinggalkan. Fokus saja pada satu topik yang paling anda senangi. Google sangat senang dengan blog yang isinya fokus pada satu bidang/tema tertentu.

Sejak Februari 2012 lalu, mbah Google sudah berbaik hati menyetujui blog bahasa Indonesia memasang iklan adsense. Nah, ini peluang bagi blogger Indonesia. Buktikan, bahwa kita juga bisa. Mudah-mudahan kebaikan hati mbah google mensupport bahasa Indonesia tidak sia-sia. Google pasti ingin blogger yang jadi publisher dari iklan-iklan yang mereka terima itu kaya-raya. Hehehe!

2. Jobs Review
Pemasukan lain para blogger adalah dari hasil menulis reviews. Sangat banyak website yang mencoba menghubungkan pemasang iklan (advertiser) dengan blogger (publisher). Sebagai blogger, anda pasti cukup mahir menulis, bukan? Jadi, manfaatkan kesempatan menulis review ini. Jangan tunggu pengiklan yang menghubungi anda, tetapi berusahalah memancing pengiklan untuk melirik potensi anda. Syaratnya, buktikan bahwa anda adalah penulis yang diinginkan mereka untuk mempromosikan produk mereka.

Coba cari info dari situs reviewme.com, buyblogreview.com dan lain-lain, bisa cari di mbah Google. Nilai satu tulisan review memang tidak besar, besarannya antara US$5 – US$20. Tapi bayangkan saja jika dalam sebulan anda bisa mendapat jobs review hingga 20 artikel. Lumayan besar, kan?

Bagi blogger lokal, bisa juga melirik Idblognetwork.com yang punya orang Indonesia. Selain punya program Pay Per Cliks seperti Google Adsense, mereka juga menghubungkan pengiklan dengan blogger untuk menulis review yang dikenal dengan Pay Per Post. Blogger akan dibayar untuk setiap posting yang ditulisnya. Syaratnya, selain blog anda populer juga anda harus bisa menulis dengan sangat baik. Menurut info, untuk satu review blogger dibayar hingga Rp800 ribu. Sebuah angka yang lumayan besar, bukan? Itu setara dengan satu honor tulisan di media nasional.

3. Kontes Blog
Nah, ini juga peluang bagi blogger yang ingin mencari pemasukan sampingan dari ngeblog. Sekarang ini sangat banyak kontes menulis untuk para blogger, baik untuk review tulisan dari sebuah blog seperti yang sedang digelar Voice of America (VoA) atau situs Kompasiana.com. Hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan, ada yang berbentuk barang seperti Gadget canggih hingga uang ratusan ribu rupiah.

Pantau secara rutin Kompasiana.com, situs milik Kompas, atau blogdetik yang rutin menggelar lomba menulis. Bahkan, setiap minggu Kompasiana mengundang blogger untuk menulis di kanal Freez, di mana setiap tulisan terpilih yang dimuat di Kompas edisi cetak blogger akan menerima honor. Nilainya memang jauh di bawah honor menulis di rubrik opini Kompas. Tetapi jika anda rutin menulis dan setiap bulan selalu muncul tulisan anda di Freez edisi cetak, honornya bisa jauh di atas honor opini. Nah, tunggu apalagi?

Ingat, inti nge-blog itu bagaimana kita membentuk brand diri kita masing-masing. Your Name is Your Brand, mungkin ini slogan yang bagus buat kita sebagai pemompa semangat. Selamat menulis dan mari nge-blog ria agar kita tak jadi generasi goblok!

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak

10 comments