Sedih, Blog Saya di Multiply Ditutup!

Kabar mengejutkan itu akhirnya datang juga. Satu lagi, layanan blog gratis ditutup. Multiply yang dulu pernah berjaya dan menjadi media bagi blogger seperti saya untuk menulis mengumumkan akan menutup layanan blog dan berbagi foto/video yang mereka miliki selama ini. Seperti kita tahu, sejak beberapa tahun terakhir, Multiply giat berpromosi menjadi situs e-commerce.

Kini, melalui CEO-nya Stefan Magdalinski, mengumumkan bahwa per 1 Desember 2012, mereka menutup layanan blog Multiply. “Mulai 1 Desember, dengan sangat menyesal, kami tidak akan dapat lagi mendukung aktivitas Multiply dalam bentuk penyediaan layanan jejaring sosial dan berbagi konten (foto, video, blog dan lainnya),” tulis Stefan di situs Multiply.

screenshot almubarak.multiply.com
Pun demikian, kata Stefan, pihaknya masih membuka peluang untuk proses migrasi ke situs lain. Jadi, untuk proses pengambilan foto, video, dan konten, pihak Multiply sedang mempersiapkan segala sesuatunya, dan menjamin jika proses itu berjalan mudah. Nah, bagi blogger yang masih setiap nge-blog di Multiply, masih punya kesempatan untuk memindahkan konten di blog-nya untuk ditransfer ke situs lain.

Ini penjelasan lengkap dari Stefan dalam bahasa Inggris. Saya kutip lengkap selain sebagai kenang-kenangan juga agar pembaca mendapatkan informasi secara lengkap:

Sementara untuk pengguna yang berstatus berlangganan Multiply Premium, pihak Multiply akan mengembalikan saldo yang tersisa. Seperti dijelaskan dalam pengumuman tersebut, penutupan ini hanya berimbas pada pengguna Multiply yang hanya menggunakan layanan blog dan photo sharing. Untuk pengguna layanan toko online dari Multiply, tak ada perubahan.

Multiply dibangun sejak tahun 2004. Namun, dalam perkembangannya banyak pengguna yang memanfaatkannya untuk membuka gerai toko online. Dan pada tahun 2011 Multiply resmi mengubah fokus menjadi sebuah platform jual beli dengan model Marketplace berfitur lengkap.

Namun, ada kabar menggembirakan, bahwa pihak Multiply akan memindahkan kantor pusatnya di Florida, Amerika Serikat ke Indonesia. Mereka selanjutnya akan memfokuskan diri menggarap pasar di Indonesia dan Phipina.

Bagi saya sendiri, kabar ini tidak begitu berpengaruh. Kalau dibilang sedih, ya pastilah sendih. Karena dulu saya cukup rutin nge-blog di Multiply. Namun sebagian konten sudah saya pindahkan ke http://jumpueng.blogspot.com. Memang, tidak semua tulisan/posting di Multiply yang saya pindahkan, karena tidak semuanya tulisan saya. Ada beberapa posting yang saya copot dari tulisan orang lain yang menurut saya bagus dan menarik.

Bagi pembaca yang ingin tahu, bagaimana isi di blog Multiply saya, bisa langsung membuka alamat URL http://almubarak.multiply.com. Ada beberapa tulisan saya, dan tulisan penulis lain yang menarik dibaca. Selain itu, saya juga memposting beberapa foto yang dulu cukup aktual untuk kondisi Aceh. Selamat menikmati, sebelum blog tersebut menghilang pada 1 Desember 2012 mendatang. []

Post a Comment

Previous Post Next Post