13 September 2012

Bashaer Othman, Walikota Termuda di Dunia

Bashaer Othman, Walikota Termuda di Dunia. Sudah cantik, muda dan terkenal lagi. Dialah Bashaer Othman, sosok yang dinobatkan sebagai Walikota termuda di dunia. Saat ini, Bashaer menjabat sebagai Walikota Allar, sebuah kota kecil berbukitan di Tepi Barat utara, Palestina. Kota ini memang tidak begitu besar, karena hanya memiliki penduduk 9.000 jiwa. Tapi, kota itu menjadi terkenal karena figure Bashaer.

Bashaer adalah bungsu dari lima bersaudara. Dia adalah anak dari keluarga petani, pasangan Thariq Othman dan Salwa Othman dan lahir pada 24 Agustus 1996. Dia menjadi wali kota untuk masa jabatan 2 bulan sejak 2 Juli lalu setelah menyisihkan lebih dari 1.000 calon dalam sebuah jenjang seleksi yang ketat.

Bashaer Othman
Bashaer Othman mengambil alih jabatan itu dari walikota sebenarnya, Sufiyan Shadid. Dia menduduki posisi itu bagian dari sebuah proyek parlemen pemuda nasional, yaitu Forum Pemuda Sharek. Proyek ini digagas untuk melibatkan anak-anak muda pada kerja sehari-hari pemerintah daerah Palestina.

Menurut Shadid, tujuan pengambilalihan jabatan Walikota selama musim panas untuk memberikan kaum muda kesempatan untuk berpartisipasi dalam masyarakat sipil dan lebih percaya diri untuk menjadi bagian dari sistem politik di masa depan.

Selama menjabat, kata Shadid, Bashaer melakukan banyak pekerjaan besar. “Dia memiliki karisma, kepribadian kepemimpinan yang kuat,” katanya seperti dikutip The Guardian, 22 Agustus 2012.

Setiap pagi, siswi kelas 1 di Sekolah Menengah Perempuan Allar, datang ke kantor dan melalukan kontrol penuh terhadap jalannya pemerintahan, kecuali masalah keuangan. Dia juga membuat pidato, menandatangani dokumen, memimpin rapat, menghadiri pertemuan dengan warga. Padahal, anak seusianya, biasa menghabiskan liburan musim panas dengan berkumpul bersama teman atau membantu keluarga.

Bashaer termasuk sukses mengemban tugas. Di tengah masa jabatannya, dia mewacanakan mendirikan sebuah departemen pemadam kebakaran setempat dan membangun taman publik pertama Allar sebagai taman bermain anak-anak. Tak hanya itu, sebagai walikota dia mewakili Allar dalam perjalanan ke Qatar. Menurut Bashaer, isu paling penting di kota yang dipimpinnya adalah pengangguran, khususnya di kalangan pemuda.

Dan Senin (10/9) lalu, Bashaer Othman datang ke Jakarta atas sponsor World Peace Movement. Kedatangannya ke Jakarta untuk mempromosikan pesan damai bahwa kaum muda dapat menjadi obor perdamaian bagi komunitasnya. []

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak