Tips Sederhana Menjaring Komentar di Blog

Pernah melihat blog isinya sederhana, tapi yang memberi komentar banyak? Pasti pernah, kan? Kita pun ingin blog kita seperti blog mereka, bukan? Biasanya, blog yang banyak komentar itu kebanyakan milik blogger kondang, blog tentang review produk, blog tentang tips atau blog yang isinya mengupas desain themes. Blog-blog ini selalu dicari karena membantu para pencari informasi di internet, dan mereka pun dengan sukarela meninggalkan pesan. Lalu, bagaimana dengan blog kita yang isinya biasa-biasa saja?

Sebenarnya siapa pun dapat membuat blog yang dikunjungi banyak orang. Kita cukup membuat posting yang benar-benar penting, dibutuhkan pembaca, menarik serta disukai banyak orang. Tak masalah jika tulisannya hanya beberapa paragraf saja, asal apa yang kita tulis itu sedang hot dan dicari banyak pengguna internet. Apalagi kalau yang kita tulis itu sesuatu yang unik. Banjir trafik, deh!

Kita pun dapat menumpang tenar di posting blog yang trafiknya tinggi, dengan cara meninggalkan jejak komentar sembari menyelipkan link blog kita. Usahakan tulis anchor teks semenarik mungkin. Selain itu, kita juga dapat berkomentar di blog yang ramai itu dengan komentar bagus dan serius serta memberikan beberapa informasi tambahan. Biasanya, untuk komentar model ini orang akan memberi perhatian yang lebih besar. 

Sesekali jika sempat, cobalah berkomentar di blog para selebritis tenar yang penggemarnya lumayan banyak. Tulis komentar yang meninggalkan kesan mendalam bagi para pembaca. Kalau sedang beruntung, bukan hanya para penggemar itu yang melirik blog kita, malah si artis pun (jika dia kelola sendiri blognya) akan menyambangi blog kita. Apalagi jika posting tersebut kita mention via akun twitter sang Seleb, wah, bakal ramai tuh.

Kalau ditanya, adakah kiat khusus agar tulisan kita dikomentari banyak orang? Saya tak bisa menjawabnya. Blog saya juga komentarnya masih minim, hanya beberapa posting saja yang komentarnya mencapai puluhan. Tapi, bukan tak ada caranya. Coba saja maksimalkan konten dan kecepatan loading blog, agar pembaca merasa nyaman, pasti mereka akan betah berlama-lama di blog kita (dan meninggalkan jejak komentar).

Pun begitu, jangan berkecil hati seandainya blog kita minim komentarnya. Tulisan yang bagus kadang-kadang tak perlu dikomentari, yang penting isinya dibaca dan berguna untuk pembaca. Banyak pembaca hanya menikmati saja tulisan kita dan tak berani memberi komentar karena takut tak nyambung atau salah. Boleh jadi blog kita terlalu serius dan isinya berat, sehingga hanya cukup dengan dibaca saja.

Tapi, jika ingin tulisan kita banyak dikomentari orang, beberapa hal berikut ini penting dicoba.

Pertama, jadilah artis atau public figure. Bisa artis atau seleb dalam makna sebenarnya, atau blogger terkenal (seleb blog). Jadi artis atau seleb memang nyaman banget. Follower atau penggemarnya banyak. Apa yang dilakukan sang artis selalu diikuti orang. Foto terbaru mereka dicari dan diburu di mana-mana. Di Twitter, misalnya, apapun yang ditulis sang artis selalu di-retweet oleh para penggemar, sekalipun hanya sekadar kata 'capek'. Posting mereka di blog juga dibaca orang dan mengundang banyak komentar. Kalau ingin seperti mereka, ya jadilah artis. Gampang, kan!

Kedua, tulisan harus menarik dan aktual. Sebuah tulisan yang menarik, penting dan aktual pastilah akan mengundang banyak feedback dari pembaca. Tulisan tersebut akan dishare ke berbagai flatform media, seperti twitter, facebook atau linkedin, dan forum-forum. Apalagi seandainya isu yang kita tulis itu sedang hangat dan dicari banyak orang. Siap-siaplah menyambut trafik tinggi serta komentar berlimpah.

Ketiga, buat tulisan yang dibutuhkan pembaca. Sesekali cobalah tulisan tentang apa yang dibutuhkan pembaca, bukan sekedar untuk memuaskan diri sendiri. Tulisan yang bermanfaat biasanya 'memaksa' pembaca untuk membagikan kepada orang lain. Kalau tulisan itu sudah disebar kemana-mana pasti banyak pembaca akan meninggalkan komentarnya. Orang-orang akan berterima kasih kepada penulis dengan cara berkomentar di bawah posting. Mereka bersyukur karena kita sudah menulis sesuatu yang bermanfaat dan dicari oleh mereka.

Keempat, rajin-rajin blogwalking. Bagi sebagian besar blogger, blogwalking adalah cara paling mudah untuk meningkatkan trafik blog. Jadi, sesekali kunjungi blog orang lain (terutama yang temanya sama). Saya yakin, kalau kita sering meninggalkan jejak komentar di blog mana pun, maka para pemilik blog itu juga akan dengan sukarela berkomentar di blog kita. Percaya, deh!

Kelima, pantau lomba SEO. Sesekali cobalah pantau blog yang sedang ikut lomba SEO. Para peserta blog lomba SEO selalu berjuang agar blog miliknya berada di halaman pertama hasil pencarian. Nah, blog yang selalu muncul di urutan teratas halaman hasil pencarian pasti akan banyak mengundang trafik dan komentar, dan si pemilik blog juga pasti akan sebisa mungkin melakukan kunjungan balik ke link yang kita tinggalkan, sekadar berterima kasih atau ingin meninggalkan back-link (agar posisinya selalu berjaya di mesin pencari). 

Keenam, konsisten sebagai blogger. Ini memang tak mudah. Banyak blogger yang kadang-kadang sangat aktif menulis, sehari bisa beberapa tulisan, tetapi lebih sering dalam sebulan tak ada postingan terbaru. Jadi usahakan konsisten menulis, sehari cukup satu tulisan saja, yang penting rutin. Blog yang tak terurus biasanya menghilangkan selera pembaca, kecuali blog kita berisi posting yang selalu dibutuhkan pembaca. Beberapa blog yang berisi tips ngeblog, sekalipun jarang di-update, masih kerap dikunjungi pembaca.

Terakhir berdoalah, semoga blog anda mendatangkan keajaiban, seperti memenangkan kontes blog atau pemiliknya menang lotre dalam jumlah besar. Pasti orang-orang akan meninggalkan komentar, baik sekadar menguncapkan selamat atau minta ditraktir. Hehehe. []

Dilarang mengutip sebagian atau seluruhnya isi blog ini kecuali menyebutkan sumber tulisan secara jelas. Untuk kepentingan komersial, hubungi pemilik blog di email tintamirah@gmail.com. Terima kasih

Cari artikel lain di sini

16 Responses to " Tips Sederhana Menjaring Komentar di Blog "

  1. bener juga :D
    jadi sekarang saya blogwalking dulu ke sini ah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah blogwalking ke sini...dan sebagai gantinya saya juga sudah mengunjungi blog anda serta meninggalkan komentar di sana...(benar kan strategi seperti diulas di atas?)

      Delete
  2. Wahhh praktekin ah tips2nya
    Makasih bang taufik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo...kita praktekkan sama-sama. Tks sudah mampir di sini

      Delete
  3. Numpang jadi artis dulu juga disini saya ah, siapa tahu blogcepot bisa goal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Droe Aulia hana payah numpang le, karena kajuet keu seleb blogger. Blogger akan berjaya ke depan

      Delete
  4. Tips-tipsnya bagus mas.. Blog punya saya juga masih minim banget nih komentarnya.. :'(
    Coba dipraktekin deh ni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke sini...iya, mari kita praktikkan bersama-sama

      Delete
  5. bener bgt tuh bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, yuk kita praktikkan bersama-sama.

      Delete
  6. baru beli domain web.id semoga domain baru saya bisa setenar blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastilah web.id lebih tenar, ini kan cuma blogcepot. Moga sukses ya...

      Delete
  7. wah tips yang bermanfaat bro... keren

    ReplyDelete
  8. thanks gan infonya

    ReplyDelete
  9. kalo ane biasanya tulisan sederhana saja, biar kalo ada yg ga ngerti langsung ditanyakan lewak kolom komentar :>) :>)

    ReplyDelete
  10. buatku sih yang penting pembaca blog-ku merasa tulisan yang aku posting itu bermanfaat, itu aja udah seneng banget. Biarpun gak ada komentar dari mereka, it's ok, karena niat awal saya ngeblog emang buat berbagi & biar semua orang bisa mengambil manfaat (dari blogku).

    yeah, nggak semua hal itu harus dikomentari.. terima kasih sudah berbagi tips. (c)

    ReplyDelete