19 September 2014

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang - Pebalap legendaris Yamaha, Valentino Rossi memetik kemenangan penting di MotoGP San Marino, Spanyol, Minggu (14/09/14) lalu. Ini menjadi kemenangan perdana Rossi sepanjang musim ini dan tentu istimewa. Kenapa? Selain diraih di sirkuit idamannya yang hanya berjarak 10 kilometer dari kampung halamannya, Tavullia, kemenangan tersebut juga membuat Rossi sukses memecah rekor baru di pentas MotoGP, sebagai pebalap pertama yang mampu melewati catatan 5000 poin. Pasalnya, tambahan 25 poin di Misano membuat agregat poinnya bertambah dari 4.987 poin menjadi 5.012 poin.

Sementara bagi Yamaha sendiri, kemenangan Rossi memiliki arti yang tak kalah penting. Kemenangan tersebut tak hanya semakin memantapkan motto Yamaha ’Semakin di Depan’, melainkan juga memberi efek promosi bagi produk Motor Sport keluaran Yamaha, terutama Yamaha R15 dan R25 Motor Sport Racing dan Kencang. Bagi pecinta Motor Sport di Indonesia, di kedua R-Series inilah mereka dapat menikmati sentuhan Rossi secara langsung.

Sosok Rossi memang istimewa di kalangan Yamaha. Juara Dunia MotoGP ini bahkan dilibatkan dalam pengembangan motor sport Yamaha. Coba perhatikan Yamaha R25, pengembangan series ini dimulai dari lintasan balap Yamaha YZR-M1 dan melibatkan Rossi. Ini pula alasan kenapa Yamaha R25 juga disebut sebagai Baby M1.

Tak berlebihan kalau kehadiran YZF-R25 dan YZF-R15 begitu diminati oleh konsumen di Indonesia. Hal ini tak semata-mata karena produk Yamaha R25 dan R15 memiliki keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya, melainkan karena penyuka motor sport di Indonesia ingin merasakan langsung sentuhan Rossi di R-Series terbaru tersebut.

Rossi memang bukan faktor utama yang membuat kedua produk Yamaha ini begitu laris, karena ternyata Yamaha menerapkan strategi pemasaran melalui media online yang belakangan begitu massif dilakukan. Promosi yang dilakukan pihak Yamaha benar-benar memikat dan elegan. Bayangkan saja, untuk seri Yamaha 25 saja, dalam waktu 25 jam sejak diperkenalkan sudah mencapai 2.600 unit, sementara Yamaha R15 dalam waktu satu hari inden online langsung terpesan 1.500 unit. Diyakini, dengan kemenangan Rossi di San Marino semakin mendongkrak penjualan Yamaha R25 dan R15 ini. Apalagi, di tangki Yamaha R15 terpampang jelas tanda tangan Valentino Rossi, dan semakin menunjukkan kesan ‘keren’. Tak pelak, kedua model ini memang disiapkan khusus untuk pecinta setia produk Yamaha, terutama yang menyukai motor Racing dan Kencang.

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Keunggulan Yamaha R25
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Kalau memperhatikan bentuk dan desain Yamaha YZF-25 kita langsung percaya, bahwa Motor Sport R-Series ini merupakan Superbike yang lahir melalui proses pengetahuan, passion, dan pengalaman para engineers Yamaha. Lihat saja kekuatan tema yang diusung Yamaha: "Rev Your Ego", di mana Yamaha R25 memiliki keunggulan yang disuguhkan kepada konsumen, yaitu Revs the engine - Hear it Roars - Feel the power. Tema ini sekaligus menegaskan bahwa pemiliknya siap menaklukkan setiap tantangan dan menjadi Semakin di Depan dan kencang.

Walaupun dikemas sebagai Motor Sport 250 cc dan berkarakter predator, Yamaha R25 tetap andal dan nyaman dikendarai sehari-hari. Hal ini karena Yamaha R25 mengusung tiga hal penting: fastest, lightest dan advanced. Yamaha R25 memakai mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Ada pun kompresinya mencapai 11,6:1. Untuk motor sport di kelas 250 cc, performa Yamaha R25 paling terbesar mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm.

Berikut ini beberapa fitur Yamaha R25.

Supersport Speedometer - Yamaha R25 memiliki desain speedometer yang racy & multifungsi, dilengkapi Shift Gear Lamp Indicator yang membantu pengendara melakukan perpindahan gigi pada RPM yang tepat untuk meraih tenaga maksimal.


Dual Predator Head Light - Ini Pertama di Indonesia. Lampu depan agresif dengan sudut angle yang unik, menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, tajam dan fokus. Layaknya Predator yang siap memangsa.


Super Sport LED Tail Light - Lampu belakang Full LED yang modern dan sporty, terinspirasi dari YZF-R1. Mode ini tentu saja pertama di kelasnya.


Asymmetrical Rear Arm & Twin Tube Rear Suspension - Lengan ayun asimetris berbahan baja yang kuat dan kokoh menghasilkan pengendalian lebih stabil dan suspensi belakang Monocross Twin-Tube menghasilkan handling mantap & stabil saat menikung pada kecepatan tinggi.

Foalting Front Disc Brake & Biggest Tube Front Suspension - Sistem pengereman dilengkapi cakram tipe floating berukuran 298 mm & 2 pot kaliper membuat pengereman lebih optimal dengan Inner Tube suspensi depan berukuran 41 mm terbesar di kelasnya sehingga menghasilkan handling mantap & stabil saat menikung pada kecepatan tinggi.

Super Sport Split Seat - Tampilan Jok anti slip ala Super Sport sejati, mendukung performa Sporty Riding yang Optimal.



Mid Ship Sporty Muffler - Tampil Sporty dengan dimensi Compact dan memberikan keseimbangan Center of Gravity yang sempurna. Menghasilkan suara Super Sport Berkarakter, yang mampu menggetarkan jiwa pengendaranya.


Alluminium Cast Wide Wheel & Wide Tire - Velg lebar berbahan aluminium alloy yang KUAT & RINGAN, serta dibalut dengan ban tubeless TAPAK LEBAR, tampilan khas Super Sport Sejati dan performa berkendara yang maksimal.



Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Keunggulan Yamaha R15
YZF-R15 hadir sebagai lambang kebanggaan penuh gaya yang lahir dari keluarga R-Series yang disegani di ajang balap dunia. Tak pelak, R15 ini adalah motor Sport impian dari Yamaha yang memastikan diri pengendaranya tampil lebih keren dalam segala situasi dan menjadi pemenang sejati. Dengan model motor Racing ini, anda pasti selalu yang terkencang.

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 terlahir dari keandalan dan ketangguhan Yamaha V-Ixion. Yamaha R15 ini mengusung daya tahan mesin 150 cc yang disempurnakan termasuk penggunaan transmisi enam percepatan. Untuk menguji keandalan Yamaha R15, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukittinggi. Jalur yang benar-benar menantang keandalan performa dan akselerasi mesin 150 cc milik Yamaha R15.

Dengan mengandalkan mesin 150 cc LC4V menganut enam percepatan. Tak sekadar performa yang didapatkan R15, namun juga efisiensi bahan bakar kian optimal. Tenaga dari mesin 150 cc milik R15 mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi14,5 Nm pada 7.500 rpm. Adapun kompresi silindernya 10,4:1. Untuk warna, R15 memiliki tiga varian warna: Racing Blue, Midnight Black, dan Supernova Red. 

Oh ya, bagi anda yang senang memodifikasi sepeda motor, maka Yamaha R15 cocok untuk Anda. Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris untuk semakin membuat sepeda motor sport anda keren. Beberapa aksesori resmi bisa diperoleh di dealer resmi Yamaha dengan harga yang terjangkau.

Daftar aksesori resmi Yamaha YZF-R15:
1. Cover single seater - Rp 380.000
2. Tank cap - Rp 100.000
3. Fuel cap - Rp 100.000
4. Cover tandem bracket - Rp 165.000
5. Engine guard - Rp 370.000
6. LED position lamp - Rp 90.000
7. Rear paddock stand Rp 420.000
8. Sakura muffler Rp 1.999.000
9. Power pack ECU Tuner - Rp 1.500.000

Jadi, segera tetapkan pilihan anda dengan memilih Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang. Buktikan bahwa anda adalah pemenang sejati, seperti Valentino Rossi!

Referensi:
1. www.yamaha-motor.co.id
2. www.yamaharblog.com
Tulisan ini diikutkan dalam lomba Yamaha R Blogging Challenge dengan kata kunci Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak