26 August 2015

Samsung Galaxy Note 5, Smartphone untuk Blogger

Ada yang menarik dari event Samsung Unpacked 2015 di California, 13 Agustus 2015 lalu. Saat JK Shin, Presidents and CEO Samsung Electronics tampil di panggung dan mulai memperkenalkan diri dengan sebuah guyonan cerdas. Dia mengatakan, “my job is developing technologies to improve our live and...the world on my true passion is public speaking...”

Ungkapan “my true passion is public speaking” tak pelak disambut gelak tawa hadirin yang memadati Alice Tully Hall Lincoln Center, California itu. Saya duga, para audiens seperti memahami kalau petinggi Samsung itu sedang menyitir seseorang. Di luar itu, banyak hal yang bisa disimak dari prosesi peluncuran produk teranyar Samsung: Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung S6 Edge

Saya simak pidato di event Samsung Upacked 2015 itu hingga tuntas. Sekali pun tak begitu paham bahasa Inggris, pidato Presiden Direktur Samsung, JK Shin, mudah dipahami. Dia berbicara dengan santai dan tidak secepat penutur asli, sehingga kata-kata yang diucapkannya begitu jelas. Pun, saya memanfaatkan jasa subtitle di layanan Youtube, sehingga kata-kata yang diucapkan itu bisa saya baca. Kalau ada kata-kata yang tak mengerti, saya gunakan layanan google translate. Terus terang saya penasaran dengan gadget terbaru besutan perusahaan asal Korea itu.

Tak berhenti di situ, saya cari semua informasi terkait Samsung Galaxy Note 5, baik di situs resmi maupun review dari website tentang techno. Saya cukup puas dengan gadget terbaru dari Samsung ini. Menurut saya, wajar kehadiran Samsung Galaxy Note 5 disambut begitu gegap-gempita, dan mendapat perhatian, terutama para blogger. Saya pikir, inilah smartphone yang cocok dengan passion mereka sebagai penulis blog.

Desain. Saking penasarannya, selain membaca review saya juga melihat tampilan Samsung Note 5 di situs www.GalaxyLaunchPack.com. Desainnya begitu elegan: dengan bentang layar 5,7 inch dan memiliki tombol menu khas Samsung di bagian bawah tengah. Sekilas Samsung Galaxy Note 5 ini menyerupai pendahulunya, Samsung Galaxy Note 4, tapi sebenarnya tidak. Samsung Galaxy Note 5 memiliki pembatas layar dan casing (bezel) yang cukup tipis.

Desain belakang tak kalah elegan: ada ukiran lengkungan (curved) di setiap sisinya, perpaduan indah antara logam dan kaca. Desain lengkungan itu sangat berguna untuk menambah kesan mewah pada Note generasi kelima itu. Curved (lengkungan) itu membuat perbedaan antara Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy Note 4 menjadi lebih radikal. Lengkungan body belakang yang sangat seksi itu, dipadu layar datar Quad HD Super Amolednya yang beresolusi 2.560x1440 (518ppi) membuat Samsung Galaxy Note 5 sangat nyaman dipegang dengan satu tangan. Desain wah itu lalu ditambah banyak fitur keren, menambah keyakinan saya, bahwa smartphone ini layak jadi teman setia para blogger.

S-Pen. Para penulis blog, yang terbiasa menulis di mana saja setiap ide muncul seketika, pasti merasa terbantu dengan kehadiran Samsung Galaxy Note 5 ini. Gadget ini tak hanya memudahkan para penulis blog menulis ide yang muncul seketika dengan fasiltas S-Pen, tapi juga membuat aktivitas menulis blog semudah menulis di kertas biasa. Bagi blogger yang terbiasa menulis dengan cepat, keberadaan fasilitas S-Pen sangat membantu.

S-Pen tak hanya mampu menyelaraskan kecepatan pikiran dengan ketangkasan menulis cepat. Ia juga mengingatkan kita pada pengalaman menulis ketika belum ada mesin tik, komputer atau laptop. Ada memori dan romantisme di sini. Hal ini akan membuat para blogger mencintai Note 5 ini.

Samsung Galaxy Note 5 | Liputan6.com
Cara mengambil S-Pen dari sarangnya cukup mudah, tak pake ribet apalagi harus congkel-congkel. Cukup gunakan klik (cukup satu klik) dari bagian atas stylus, S-Pen keluar dengan sendirinya dan siap digunakan. Bayangkan, S-Pen bisa digunakan sekali pun dalam kondisi layar tidak aktif (off screen). Sebagai blogger di mana ide kadang datang tiba-tiba, dan perlu ditulis cepat, maka dengan kemampuan S-Pen dapat menulis di layar tidak aktif tentu pengalaman yang mengasyikkan. Kita tak harus ribet-ribet membuka layar kunci ponsel (unlock) yang kadang-kadang membuat ide menguap dan hilang seketika. Canggihnya lagi, ide-ide yang kita tulis itu secara otomatis bisa terbaca di layar, dan langsung terhubung dengan memo dan bisa disimpan. Hebat, bukan?

Oh ya, blogger biasanya sering menerima tawaran menulis dan kerjasama mengisi event kepenulisan, di mana undangan atau penawaran dikirim melalui email dalam bentuk PDF dan perlu ditandatangani segera. Jangan takut, S-Pen punya kemampuan mengedit file PDF. Anda bisa membubuhkan tanda tangan di file pdf itu dan langsung mengirim kembali penawaran tersebut melalui email.

Kamera. Samsung Galaxy Note 5 memiliki kamera yang super-halus. Malah, kemampuan kamera di Galaxy Note 5 ini disebut-sebut menyamai Galaxy S6 dan S6 Edge. Note 5 ditanam dengan kamera belakang 16 megapixel OIS (F1.9) dan di bagian depan 5 megapixel (F1.9). Hasil jepretan kamera Note ini sangat halus, dapat digunakan secara outdoor maupun indoor bahkan dalam kondisi minim cahaya (low light) sekali pun.

Kecanggihan lainnya, kamera di Note 5 didandani dengan fitur Steady Video, di mana memiliki Video Digital Image Stabilization pada kamera depan dan belakang untuk video yang tajam dan hebat, serta Video Collage Mode. Bagi blogger yang suka jalan-jalan (traveling), fitur ini sangat bermanfaat. Kita bisa merekam dan mengedit pendek dengan mudah. Hasil editan video itu bisa kita masukkan ke dalam blog, sehingga membuat tulisan kita penuh warna.

Sementara bagi blogger yang senang berbagi ilmu ngeblog dan menulis, bisa memanfaatkan fitur Live Broadcast. Fitur ini hasil kerjasama apik antara Samsung dengan YouTube, untuk memenuhi keinginan pengguna melakukan live stream Full HD Video langsung dari hanphone ke kontak, kelompok atau publik melalui YouTube Live. Dengan fitur ini, blogger dengan mudah membagi ilmunya untuk pengunjung blog atau siapa pun melalui YouTube.

Smart Multitasking. Bagaiman kinerja Note terbaru ini? Dengan fitur-fitur keren di atas, apakah tidak membebani handphone ini sehingga menjadi lambat? Jangan takut. Samsung Galaxy ini sudah diperkuat dengan prosesor Exynos Octa core (2,1 GHz Quad+1,5 GHz Quad) 64 bit fabrikasi 14 nm serta RAM 4 GB. Dengan RAM sebesar itu, kita dapat melakukan berbagai aktivitas dan membuka aplikasi tanpa dibayangi ketakutan ngelag dan lemot. Samsung Galaxy Note 5 ini sudah ditanamkan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Para blogger pasti puas dengan performa besutan Samsung ini, terutama yang senang melakukan multi-tasking.

Baterai. Samsung Galaxy Note 5 ini memiliki baterai berkekuatan Li-Po 3000 mAh yang menyatu di dalam body (tak bisa dicabut). Di dalamnya juga ditanamkan teknolog isi ulang cepat, yang berguna untuk menambah daya baterei dalam waktu singkat. Para blogger sering bekerja secara mobile, mereka membutuhkan perangkat yang mudah digunakan dan baterai dapat terisi dengan cepat. Samsung Galaxy Note 5 tentu saja sangat cocok dengan pekerjaan mereka. Mereka tak perlu menunggu waktu lama mengisi baterai yang akan membuat ide mereka menguap ke udara. Dengan teknologi isi ulang cepat ini, para blogger akan terbantu sekali. 

Sidesync. Satu lagi kecanggihan Samsung Galaxy Note 5 yang begitu dibutuhkan para blogger adalah adanya fitur Sidesync (PC-Phone Connection). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat memindahkan file (drag dan drop) dari handphone ke PC+Laptop+Tablet dengan mudah, baik secara nirkabel (wirelessly) maupun otomatis. Memindahkan data semudah membalik telapak tangan. Bagi blogger yang suka menyimpan dokumen web di handphone dengan mudah bisa dipindahkan ke PC+Laptop+Tablet.

Berbagai kecanggihan fitur tersebut, ditambah lagi dengan kehadiran SamsungPay, benar-benar akan membuat smartphone ini jadi idola baru para blogger. Samsung Galaxy Note 5 seperti mengerti kebutuhan para blogger yang super-sibuk tapi harus melakukan banyak hal.

Karena kelebihan itulah, saya mendambakan memiliki Samsung Galaxy Note 5 super-canggih ini, salah satunya dengan cara mengikuti lomba blog berhadiah Samsung Galaxy Note 5, sekali pun peserta yang ikut cukup ramai. Alasannya sederhana saja, sebagai blogger yang cukup mobile, saya perlu gadget Samsung Galaxy Note 5 ini karena sangat mendukung aktivitas saya dalam menulis.

Penasaran dengan produk perusahaan Samsung terbaru ini? Silahkan kunjungi www.GalaxyLaunchPack.com dan subscribe untuk mendapatkan informasi paling update tentang Samsung Galaxy Note 5. Jangan lupa tonton video peluncuran Samsung Unpacked 2015 di YouTube

Artikel Terkait

1 comments so far

Wah ini hape bener-bener mantap ya Pak. Saya aja naksir berat nih. Saya juga ikutan lombanya loh, hehehe...


EmoticonEmoticon