25 February 2017

Ini Penghasilan Juan Mata dari Menulis Blog

Tak sengaja saya buka blog Juan Mata. Dan, saya pun tertarik untuk tahu penghasilan Juan Mata dari Menulis Blog. Betapa terkejut saya, penghasilannya tak jauh beda dari blog saya. Kok, bisa?

Juan Mata tak hanya pandai mengocek si kulit bundar atau menjebol gawang lawan. Punggawa Timnas Matador ini juga rutin menulis blog. Tak salah jika kita menyebut pemain berkaki kidal ini sebagai blogger dari lapangan hijau. Tapi, berapa kira-kira penghasilannya dari menulis blog?

Juan Mata
Pemain yang memiliki nama lengkap Juan Manuel Mata García termasuk rajin menulis di blog miliknya, juanmata8.com. Di situsnya itu, dia memasang tagline untuk kanal blognya, One Hour Behind, berlatar foto dirinya sedang menatap sesuatu, seperti layar moniter notebook. Di kanal blog ini, Gelandang serang yang juga piawai main di sektor sayap milik Manchester United ini rutin menulis pengalaman atau cerita sehari-hari, lebih banyak tentang pertandingan atau perasaannya setelah bermain bola. Pemain yang lahir di Burgos, Spanyol pada 28 April 1988 ini, minimal menulis satu posting seminggu sekali. Satu satu ciri khas dari tulisannya, dia memulai dengan menyapa semua orang, “Hi everyone”.

Diboyong dari Chelsea dengan harga 37,1 juta pounds, Juan Mata menjadi pemain penting MU sejak masih dilatih oleh Loius Van Gaal, dan kini di bawah asuhan Jose Mourinho. Sebagai pemain sepakbola profesional, Juan Mata tentu saja mendapatkan bayaran tinggi, sekitar Rp2,4 miliar per pekan. Belum lagi pendapatan dari menjadi model iklan atau penjualan jersey. Dengan pemasukan seperti itu, tentu saja Juan Mata tak perlu mencari duit tambahan dari, misalnya, menjadi penulis blog.

Pun begitu, menarik untuk diulas, berapa kira-kira pendapatan Juan Mata, jika blognya dipasang iklan pay per click dari mesin pencari nomor satu di dunia ya? Dari situs pemeringkat web, Alexa, blog juanmata8.com memiliki peringkat 550.280 di dunia. Tidak jelek-jelek aman, kan? Bagi para blogger, dengan peringkat blog demikian, sudah bisa mendapatkan pemasukan dari iklan dan blognya pasti dilirik pemilik merek untuk mempromosikan produk mereka.

Namun, betapa menyedihkan, blog milik Juan Mata cuma menghasilkan uang cukup untuk segelas kopi jika dipasang iklan. Estimasi yang dibuat situs Statshow, sebuah situs yang sering membuat perkiraan pemasukan dari sebuah blog, pemasukan dari iklan di blog Juan Mata cuma $2.38 per hari atau $71.40 per bulan. Artinya, pendapatan per tahun blog juanmata8.com sekitar $868.70. Yuk lihat, penghasilan Juan Mata dari Menulis Blog. Tidak jauh berbeda dengan blog kita, bukan?

Penghasilan Juan Mata dari Menulis Blog
screenshot dari statshow

Jumlah itu memang bukan hasil sebenarnya, hanya perkiraan saja. Biasanya memang tidak jauh berbeda, karena dihitung berdasarkan peringkat blog dan jumlah visitor. Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan tentang penghasilan Juan Mata dari Menulis Blog. []

Sudah tayang di UC News

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak