04 February 2009

Ulang Tahun Facebook

Hari Rabu (4/2), usia Sentral Informasi Aceh (SIRA) genap sepuluh tahun. Bagi organisasi perlawanan sipil, usia tersebut lebih dari matang untuk melahirkan ide-ide kreatif dan konstruktif membangun Aceh ke arah lebih baik dengan cara dan strategi yang berbeda.



Menyambut usia sepuluh tahun, hanya seorang teman yang masih mengingat bahwa pada tanggal itu SIRA pertama kali dicetuskan dalam Kongres Mahasiswa dan Pemuda Serantau (KOMPAS), 4 Februari 1999 silam. Saya sempat tertegun, kenapa tidak banyak kawan yang mengingat bahwa pada tanggal itu ada sejarah yang patut dikenang?

Entahlah, memang kenyataannya kita sering melupakan sesuatu, bahkan tanpa bekas. Saya juga seperti itu. Saya ingat kembali tanggal itu bukan karena apa, yang saya ingat, tanggal kelahiran SIRA itu sama dengan tanggal kelahiran situs jejaring sosial yang sekarang sedang mewabah yaitu Facebook. Jika kita sempat membuka wikipedia, ensiklopedia virtual yang juga ramai dikunjungi pecinta internet, pada tanggal tersebut (4 Februari 2004), Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard University memperkenalkan The Facebook, situs yang akan mempertemukan orang-orang di dunia maya terutama yang memiliki minat, hobi, kantor, lokasi, sekolah yang sama.

Kini situs tersebut jadi sangat terkenal dan menduduki posisi 4 berdasarkan rangking yang dibuat situs alexa.com. Tak terasa situs facebook ini sudah berusia 5 tahun.

Dalam usia yang masih sangat singkat ini, facebook sudah memiliki pengguna aktif mencapai 150 juta lebih, dan akan terus bertambah seiring terkenalnya situs ini.

Di Indonesia, mendekati pemilu bakal banyak caleg atau tokoh yang ingin memajangkan wajahnya di situs agar lebih dikenal dan menjadi terkenal. Melalui tulisan singkat ini, saya ingin mengucapkan "selamat ulang tahun ke-5 untuk facebook" semoga terus jaya dan semakin banyak kemudahan yang diberikan.

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak

3 comments