09 May 2010

Seberapa Terkenal Blog Anda?

Judul posting kali ini saya mulai dengan kalimat bertanya. Terus terang, judul seperti ini lebih mampu memancing pembaca untuk membuka dan membaca sebuah posting hingga tuntas. Karena ada harapan, setelah membacanya menjadi terbuka terhadap suatu masalah, atau minimal mengetahui jawaban apa yang diajukan si penulis. Meski tak jarang juga ada yang sekedar iseng membuat judul memancing keingintahuan pembaca, tetapi setelah tulisan selesai dibaca, tak ada sesuatu yang baru bisa didapatkan. Terus terang, saya sendiri sering kesal dengan model penulis seperti ini, yang hanya sekedar mencari sensasi tapi minim subtansi.

Judul ini seperti anda pembaca lihat sendiri cukup sederhana, tetapi sebenarnya sangat menentukan pada prestise sebuah blog, website atau situs. Berada di urutan teratas untuk setiap kata kunci (keywords) pada mesin pencarian google.com tentu saja membawa arti tersendiri bagi blogger. Pakar Search Engine Optimization (SEO) cukup paham soal beginian. 

Selalu berada di atas pada mesin pencarian apakah google, yahoo, msn, bing atau baidu, untuk setiap kata kunci menunjukkan reputasi dan ketenaran sebuah blog. Makanya, banyak blogger menulis posting dengan memilih kata kunci yang ramah dan mudah diindeks mesin pencari. Dengan menempati posisi teratas peluang situs atau blog tersebut untuk dikunjungi cukup besar. Bagi blogger yang menggeluti bisnis internet, kondisi ini merupakan kekuatan, dan akan terus dipertahankan dengan optimasi kata kunci.

Tak jarang, sebuah blog atau situs yang terkenal, posisinya naik turun. Karena hal ini lazim. Sebab semua orang berlomba-lomba berada di tempat utama dan pertama, sementara tempat itu hanya satu (urutan pertama). Sesekali coba cari tahu posisi rangking blog atau situs anda di Alexa, berada di urutan berapa dari jumlah situs yang ada di dunia ini yang jutaan.

Oya, bagaimana posisi blog kita pada mesin pencari google? Kita tentu saja sangat mudah mengecek posisi blog atau situs kita pada mesin pencari, jika berada di urutan teratas. Coba kunjungi google atau yahoo, kemudian tulislah satu kata kunci, dan perhatikan blog atau situs kita berada di posisi berapa?

Tapi bagaimana jika blog atau situs kita bukan situs terkenal? Bagaimana kita mengetahui peringkat blog kita untuk setiap kata kunci yang kita pilih? Jangan bingung, kita masih bisa mengetahuinya.
Anda bisa gunakan google top 1000 serps checker.
Silakan anda buka dengan mengklik link berikut ini

Lalu begitu halaman terbuka, pada select a Google pilih Google Indonesia (google.co.id)
Kemudian, untuk kata kunci (keywords) anda masukkan kata kunci, boleh apa saja atau nama sendiri. Jika bingung masukkan saja kata “Aceh Pungo”, lalu ketik URL anda atau masukkan saja www.jumpueng.blogspot.com sebagai contoh, selanjutnya tekan Submit. (lihat gambar)

Tunggu sebentar kemudian keluar hasilnya seperti gambar di bawah ini. Semoga ada manfaatnya.

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak