Bad Mood Lebay

Saya ikut pelatihan penulisan tentang kebencanaan. Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh mengirim beberapa nama (termasuk saya sebagai anggota AJI) untuk ikut acara yang dibuat TDMRC Unsyiah bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) selama dua hari itu. Sebenarnya, sejak selesai kuliah, saya tak kuat lagi duduk dalam ruangan mendengar ceramah atau materi. Bukan apa-apa, karena malas saja. Pasalnya, saya lebih senang nongkrong di depan laptop lama-lama. Itu lebih menghibur, dan sesekali bisa main poker. Tak menoton.
Akhirnya, pada sesi seusai Salat Jumat, kepada peserta diberikan tugas, menulis pengalaman berbentuk feature. Para peserta dibagikan potongan kertas untuk menulis. Saya sendiri sudah mencoba coret-coret, tapi tak satu kalimat pun terangkai. Di kertas yang dibagikan itu malah penuh coretan tanda tangan dan tulisan bersambung tak karuan. Satu sisi kertas pun penuh. Saya bolak-balik beberapa kali. Entah kenapa saya tak bisa menulis.

Saya kemudian membalik hendak mencoret bagian satu lagi. Juga tak muncul ide apa-apa. Cerita apa yang mau saya tulis? Saya malah bingung. Spontan, saya coret-coret lagi, dan jadilah kalimat-kalimat pernyataan, sepertinya merefresentasikan pikiran saya yang sedang kosong. Baiklah, saya kutip lagi apa yang sempat saya tulis:

‘Saya justru tak bisa menulis’
‘Saya sedang bad mood’
‘Saya harus merokok dulu’ (meski kemudian saya tak jadi keluar ruangan untuk merokok)
‘Usai merokok biasanya saya baru bisa menulis’
‘Tenang saja, saya akan menulis, sebuah tulisan yang berbeda sehingga orang-orang merasa rugi jika belum membacanya’
‘Anda pasti penasaran. Ya…wajar saja anda penasaran, sebab saya belum mau menuliskannya’
‘Jika anda beruntung, anda dapat berharap saya akan menuliskannya segera. Tapi tetap tak akan saya selesaikan segera’
‘Saya ingin anda tak bisa tidur malam, dan akan selalu memikirkan tulisan apa yang akan saya tulis’
‘Saya ingin mimpi-mimpi anda berantakan, sebab anda akan segera terbangun karena anda mengharapkan saya segera menyelesaikan tulisan’

Kuharap anda akan penasaran soal tulisan yang akan saya tulis !

Aula BPBA, Jumat, 6 Mei 2011

Post a Comment

Previous Post Next Post