20 July 2019

Mengenal Sabun Transparan Adev Natural Lebih Dekat

sabun transparan adev natural

sabun transparan/adevnatural.com

Awalnya saya tidak tahu apa pun tentang Sabun Transparan Adev Natural yang sedang naik daun itu. Pemahaman saya mengenai sabun kecantikan hasil produksi dari PT Adev Natural ini sedikit terbantu setelah membaca informasinya melalui situs adevnatural.com.

Saya jadi tahu ternyata sabun transparan terbuat dari minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil), yang diketahui baik untuk wajah. M Yashleen dalam sebuah tulisannya di indiatimes.com menulis, bahwa sabun transparan adalah jenis sabun dari gliserin yang bagiannya tersusun atas garam sabun dan pelarut.
Natrium hidroksida yang digunakan ketika pembuatan sabun menyebabkan terbentuknya kristal di dalam sabun. Kristal tersebut membuat penampakan sabun menjadi buram (opaque). Hal inilah yang membuat sabun ini berbeda dengan sabun biasa.

Tidak cuma itu, sabun transparan dan sabun biasa ternyata berbeda dari segi bentuk. Sabun transparan lebih bening dan lebih menarik dibanding dengan sabun biasa, meski proses pembuatan kedua sabun ini sama.

Pembuatan Sabun Transparan Adev Natural
Untuk membuat sabun jadi transparan, kristal di dalam sabun dilarutkan terlebih dahulu menggunakan pelarut sehingga agar ukuran kristal menjadi sangat kecil. Ukuran kristal yang kecil tersebut membuat cahaya dapat menembusi sabun dengan bebas. Inilah alasan mengapa sabun terlihat transparan (transparent).

Tidak ada ukuran pasti tentang berapa jumlah pelarut yang dibutuhkan untuk membuat sabun menjadi transparan. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menemukan jumlah pelarut tersebut adalah dengan menggunakan rasio (perbandingan). Anda bisa memulainya dengan rasio pelarut dan sabun adalah 60:40. Selanjutnya Anda bisa bereksperimen dengan rasio pelarut sabun adalah 50:50 dan seterusnya.

Sabun transparan adalah salah satu jenis sabun unik karena tembus pandang yang digunakan untuk perawatan wajah dan badan. Sabun kecantikan jenis ini memiliki kelebihan dalam hal penampilannya yang transparan atau tembus cahaya sehingga menarik mata pelanggan.

Kelebihan ini pula sekaligus menjadi kekurangan sabun transparan adev natural. Anak kecil misalnya pasti akan menyukai sabun ini dan menganggapnya sebagai lilin, atau juga makanan. Bentuknya yang bening dan menggemaskan itu mendorong mereka untuk memakannya. Karenanya, sabun kecantikan ini perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Bahan Pembuatan Sabun
Apa saja bahan untuk pembuatan sabun transparan adev natural? Menurut informasi dari situs adevnatural.com, bahan untuk membuat sabun terdiri atas bahan baku (dasar) sabun dan bahan pembantu (pendukung, penolong).

Bahan baku untuk pembuatan sabun cair atau sabun batang sebenarnya sama, yaitu minyak (lemak) dan alkali (basa, lye). Perbedaan keduanya terletak pada penggunaan jenis alkali dalam proses reaksi penyabunan. Untuk sabun cair, alkali yang digunakan berjenis KOH (Kalium atau potasium hidroksida), sementara untuk sabun batangan menggunakan jenis alkali NaOH (Natrium atau sodium hidroksida).

Lalu, apa bahan alami pembuatan sabun? Dari informasi yang saya baca, minyak atau lemak merupakan bahan alami pembuatan sabun. Asam lemak sendiri adalah komponen penyusun lemak/minyak. Inilah bahan baku alami pembuatan sabun, termasuk sabun transparan adev natural yang sedang kita bicarakan ini.

Asam lemak ini bersama gliserol membentuk trigliserida, dan trigliserida ini kemudian dicampur dengan alkali untuk menghasilkan reaksi kimia yang membentuk garam (sabun). Reaksi ini dikenal dengan reaksi penggaraman atau penetralan. Karena tujuannya membentuk sabun, maka reaksinya disebut dengan reaksi penyabunan.

Perbedaan minyak dan lemak terletak pada segi bentuk fisiknya. Pada suhu ruang, lemak cenderung berbentuk padat (solid) sedangkan minyak berbentuk cair (liquid). Perbedaan lainnya terletak pada asal bahan tersebut berasal. Lemak umumnya diperoleh dari hewan (animal), sedangkan minyak diekstrak dari tanaman.

Dalam pembuatan sabun bening minyak yang digunakan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa tersusun atas asam lemak (rantai hidrokarbon) dengan panjang rantai karbon yang pendek, secara umum di bawah 18. Beberapa produsen sabun membuat sabun transparan dari minyak kelapa murni atau VCO (virgin coconut oil) karena kaya nutrisi. Harga jual sabun bening dari VCO tentu lebih mahal dibandingkan sabun yang dibuat dari minyak kelapa biasa.

Salah satunya seperti yang dilakukan PT. Adev Natural Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Maklon Kosmetik dan Personal Care. Perusahaan ini memproduksi sabun transparan ADEV Natural, produk sabun kecantikan untuk perawatan kulit agar terlihat cantik dan bersinar.
Sebagai perusahaan jasa maklon kosmetik dan sabun kecantikan di Indonesia, PT ADEV Natural Indonesia yang berkantor di Bogor ini mengusung slogan “Solusi Kosmetik Legal”.

Perusahaan ini berusaha menyediakan jasa pembuatan produk kecantikan customize (sesuai permintaan customer). Setiap produk maklon di PT. ADEV Natural Indonesia dibantu proses perizinannya di lembaga terkait seperti Badan POM & LP POM MUI.

Nah, selain bernilai ekonomis, sabun kecantikan adev ini juga bisa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan!

Founder https://acehpungo.com. Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon