08 March 2019

Manfaat Stimuno untuk Balita: Produk Herbal Fitofarmaka

stimuno untuk balita
Stimuno untuk balita
Ketika anak saya jatuh sakit, stimuno untuk balita menjadi hal pertama yang terpikir oleh saya. Soalnya, produk hasil ekstrak tanaman meniran ini dikenal sebagai suplemen yang berguna membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, stimuno anak ini terbukti ampuh mencegah sakit sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Sebelum mengenal stimuno, istri biasanya menggunakan terapi tradisional ketika anak terserang penyakit. Ini biasanya dilakukan ketika kesehatan anak drop karena terkena air hujan atau terlalu lelah bermain di luar. Akibatnya, malam hari, anak pasti jatuh sakit. Tubuhnya panas dan terserang demam. Lalu, sang anak mulai batuk. Jika sudah begini, selera makannya langsung hilang, bahkan tidak mau makan sama sekali.

Untunglah, produk stimuno untuk balita memiliki dua varian: stimuno syrup dan stimuno forte. Sebagai orang tua, kita bisa memilih memberikan salah satu dari dua varian ini. Misalnya, saat selera makannya menurun dan dia tidak mau makan sama sekali, kita bisa mensiasatinya dengan memberikan stimuno sirup. Stimuno jenis ini memiliki tiga rasa yang sangat disukai oleh anak-anak: ada rasa original, rasa anggur dan rasa jeruk. 

Kehadiran stimuno syrup dalam tiga varian rasa ini sangat memudahkan kita sebagai orang tua. Soalnya, mereka (anak balita) pasti akan menyukainya. Malah, tanpa dipaksa minum pun, mereka akan memintanya sendiri. Varian sirup ini rasanya benar-benar menggugah selera balita untuk mengonsumsinya. 

Selain stimuno syrup, ada varian stimuno forte yang tersedia dalam ukuran 1 box berisi 10 kapsul/blister atau berisi 30 kapsul dalam setiap box. Di setiap 1 kapsul mengandung 50 mg ekstrak phyllanthus niruri. Sama seperti varian syrup, suplemen herbal jenis forte ini akan berfungsi dan bekerja optimal asalkan dosis pemakaiannya diatur dengan tepat. Informasi dari laman stimuno.com menyebutkan aturan pakai agar produk stimuno balita ini memberi efek dan berfungsi optimal saat dikonsumsi. Yaitu, aturan pemakaiannya cukup 1 kapsul per hari yang berguna untuk pencegahan. Kemudian, saat sedang sakit diminum 3 kali sehari, dan ketika sedang dalam perjalanan cukup diminum 2 kali sehari. 

Lalu, apa manfaatnya dua varian produk stimuno untuk balita ini? Dengan mengonsumsi dua varian produk stimuno ini (baik itu stimuno syrup maupun forte) secara teratur akan membantu tubuh membangun sistem imun (kekebalan tubuh). Tak hanya itu, stimuno juga membantu sistem imun tubuh agar dapat bekerja lebih aktif dan dapat memperbanyak produksi antibodi sehingga kekebalan tubuh jadi lebih kuat.

Mengenal Produk Stimuno untuk Balita


Seperti kita tahu, stimuno adalah suplemen herbal yang dibuat dari ekstrak tanaman meniran yang memiliki nama latin "phillanthus niruri sp." Bagi masyarakat kita, meniran ini dikenal sebagai tumbuhan rumput biasa, memiliki bentuk batang bulat, basah, dan tumbuhan ini tingginya tidak lebih dari 50 centimeter. Menurut laman Wikipedia, meniran mengandung senyawa kimia berupa zat filantin, kalium, damar dan zat penyamak.

Oleh masyarakat kita, tanaman ini kemudian digunakan sebagai obat untuk pengobatan secara tradisional, yaitu untuk mengobati penyakit seperti penyakit kuning, disentri, batuk, demam, ayan, haid berlebihan dan juga bisa digunakan untuk obat malaria. Karena khasiat yang dimilikinya ini, tumbuhan meniran kemudian dimanfaatkan dan diolah menjadi suplemen herbal melalui metode ekstrak.

Berdasarkan proses ini, maka menjadi jelas bahwa stimuno mengandung formula dari komposisi tunggal ektrak meniran. Yaitu, ekstrak tersebut diambil dari bagian akar, daun, batang dan buah phyllanthus yang diformulasikan menjadi sirup dan kapsul.

Olahan meniran ini diproduksi sebagai suplemen herbal yang memiliki fungsi antara lain untuk meningkatkan sistem imun tubuh bagi si kecil, berfungsi sebagai sistem imun optimal yang membantu tubuh tidak mudah sakit, serta sangat efektif untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Begitulah stimuno untuk balita diproses sehingga dipercaya dan menjadi pilihan ibu-ibu/orang tua untuk menjaga kesehatan anaknya selama lebih dari 15 tahun.

Produk stimuno pertama kali diluncurkan pada tahun 1999, dan saat itu hanya dipasarkan melalui jalur ethical atau harus melalui resep dokter. Namun, per Agustus 2005, stimuno herbal mulai dipasarkan secara luas melalui jalur over the counter (OTC) yang berarti produk ini sudah tersedia di setiap apotik terdekat.

Mengapa stimuno anak disebut juga produk herbal fitofarmaka? Sebagai obat herbal terstandar (OHT), mutu suplemen herbal stimuno ini sudah sesuai dengan standar obat-obatan. Sebagai obat herbal fitofarmaka, stimuno aman untuk dikonsumsi dan khasiatnya secara ilmiah sudah melalui uji praklinis dan uji klinis, mulai dari bahan baku hingga menjadi produk, dan mutunya pun sudah sesuai dengan standar nasional indonesia (SNI). Soalnya, untuk menjadi produk fitofarmaka tidaklah mudah. Prosesnya rumit dan harus melalui uji coba manusia.

Karenanya, stimuno untuk balita aman dikonsumsi oleh si kecil, mulai dari anak-anak di bawah usia lima tahun (balita) maupun untuk mereka yang sudah duduk di bangku sekolah, dan juga untuk orang dewasa. Produk herbal ini sudah terbukti aman dan memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh, berguna untuk mencegah penyakit serta mempercepat penyembuhan.

Sempat Ragu dengan Produk Stimuno untuk Balita


stimuno untuk balita
Stimuno syrup rasa jeruk
Awalnya saya sempat ragu dengan produk herbal Stimuno ini. Di sebuah milis saya pernah membaca curhat seorang ibu bahwa stimuno ini memiliki efek samping yaitu bisa merusak ginjal. Beberapa dokter menyarankan agar vitamin/suplemen seperti stimuno dan beberapa produk dari merek lain tidak boleh dikonsumsi dalam waktu lama.

Karenanya, sangat disarankan agar masa konsumsi obat seperti itu cukup 1 bulan saja, itu pun dengan syarat tertentu. Soalnya disebutkan bahan-bahan yang dipakai untuk memproduksi stimuno bisa merusak ginjal. Coba, orang tua mana yang tidak syok mendapatkan kabar seperti ini. Namun, ada juga ibu-ibu yang mengaku kalau digunakan secara hati-hati dan dalam dosis yang normal, tidak memiliki efek apa-apa dan aman-aman saja. Asal, ya itu tadi, tidak boleh lebih dari satu bulan.

Misalnya, kalau sakitnya 1 minggu, maka dianjurkan untuk memberikan stimuno selama dia sakit dan dua minggu setelah dia sembuh. Manfaatnya untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat virus-virus mati.

Pun begitu, banyak juga yang menyarankan stimuno untuk anak di bawah lima tahun (balita) yang rentan terkena penyakit. Mengonsumsi produk ini secara teratur, katanya, akan membantu tubuh membangun sistem imun (kekebalan tubuh) agar lebih kuat. Tak hanya itu, stimuno juga membantu sistem imun tubuh bekerja lebih aktif dan dapat memperbanyak produksi antibodi sehingga membantu menjaga kekebalan tubuh lebih kuat.

Mengapa demikian? Karena stimuno tidak seperti vitamin yang hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh (imune booster). Berdasarkan informasi dari laman stimuno.com, produk stimuno bekerja langsung memperkuat sistem imun dengan memperbanyak produksi antibodi seperti tentara yang menjaga benteng pertahanan tubuh (imuno modulator). Pada orang sehat, sistem imun yang kuat akan mencegah penyakit dan pada orang yang susah terserang penyakit.

Dengan memperkuat sistem imun berarti akan membantu mempercepat penyembuhan dan mengaktifkan semua lapisan sistem imun, baik itu sistem imun non-spesifik maupun sistem imun spesifik. Penjelasan ini saya pikir berguna mengubah persepsi saya soal Stimuno untuk balita ini. Selain sudah sesuai dengan standar fitofarmaka (telah melalui uji klinik), stimuno dibuat dari ekstrak meniran sebagai bahan dasar, dan tanaman ini dibudidayakan dengan teknologi modern mengikuti standar Good Agriculture Practices (GAP) dan diproses mengikuti standar c-GMP (current-Good Manufacturing Practices) dan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) sesuai standar industri farmasi

Karena itu, stimuno cukup aman digunakan untuk pemakaian jangka panjang dan dapat dikonsumsi bersama dengan obat atau vitamin lainnya. Apalagi, produk ini pun sudah dipercaya oleh para dokter sebagai suplemen yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak. Bahkan, karena khasiat dan keamanannya, produk ini pun sudah diresepkan oleh dokter dengan baik selama lebih 5 tahun.

Stimuno untuk Balita, Sebuah Kesimpulan



Berdasarkan penjelasan di atas, saya pun mulai tidak ragu lagi dengan produk herbal ini. Soalnya, stimuno sudah terjamin aman dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Misalnya, stimuno sirup bisa dikonsumsi oleh anak mulai usia 1 tahun, dan stimuno kapsul bisa dikonsumsi oleh anak (bagi yang sudah bisa menelan kapsul) juga orang dewasa.

Lagi pula, stimuno sudah mendapatkan serfikat Fitofarmaka dari BPOM, dan sudah melewati uji klinis pada manusia. Sehingga orang tua tidak perlu cemas lagi dengan efek samping. Produk anti-bodi anak ini sudah terbukti ampuh dan memiliki khasiat yang sangat efektif menjaga daya tahan tubuh balita.

Jadi, dengan “Minum Stimuno saya dan anak Gak Takut Sakit!” seperti tagline stimuno untuk balita.

Founder https://acehpungo.com. Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon