22 November 2008

Blog Investasi Masa Depan

Tulisan ini kutulis sambil menunggu hujan reda. Aku berharap, tulisan ini menjadi bunga rampai atau semacam catatan ketika kawan-kawan Blogger berkumpul hari ini, Sabtu (22/11), dalam acara Pesta Blogger 2008 di Jakarta. Meskipun tak sempat hadir ke sana, saya ingin mempersembahkan tulisan ini untuk memberi semangat bagi para blogger bahwa melalui blog kita pasti bisa!

Dewasa ini, investasi tak hanya berbentuk uang, properti atau sesuatu yang memiliki nilai lebih (berharga). Sebab tak semua orang diberikan kemampuan untuk melakukan itu. Ada orang yang punya hasrat berinvestasi, tapi tak punya modal cukup. Haruskah orang-orang seperti ini terampas masa depannya? Kita bisa menjawab tidak. Semua orang bebas menentukan masa depannya seperti apa tanpa dipaksa pasrah atas kondisi yang dialaminya.



Saya percaya, semua orang punya plan tentang masa depan yang ingin dicapai dan digapainya. Masalahnya sekarang, bagaimana masa itu dicapai, dan modal apa yang harus disiapkannya. Bagi yang punya modal, dia bisa merancangnya dengan mudah, berinvestasi sebanyak mungkin, serta berharap bisa melipatgandakan kekayaan yang sudah dimilikinya. Tapi, bagaimana dengan yang tidak punya modal?

Anda yang tidak punya modal tak perlu sedih. Sebab, anda tak segera mati hanya karena tak punya modal. Percayalah, tak ada yang tak mungkin untuk dicapai. Jika ada niat, tekad dan nekat, dunia bisa anda bentuk sesuai keinginan kita. Anda harus belajar bagaimana Obama menjadi presiden AS, padahal sebelumnya jabatan itu tak mungkin diraih. Obama punya mimpi, dan kini mimpi itu jadi kenyataan. Jika ingin seperti Obama, anda hanya perlu meyakinkan diri bahwa, "Yes, we can!"

Kini, anda harus bangun dari mimpi anda, dan ubahlah mimpi jadi kenyataan. Saya percaya, kita bisa melakukannya. Kita bisa mengukir sejarah seperti Obama. Kita hanya butuh keberanian melakukannya, serta konsisten dengannya. Banyak orang berhasil karena setia pada bidang yang digelutinya.

"Kita hanya seorang blogger sejati, apakah bisa mengukir sejarah?" Anda tak perlu pesimis, seorang blogger juga manusia. Dia berhak mendapatkan masa depan yang layak. Berhasil tidaknya seseorang tak selalu ditentukan oleh profesinya, melainkan ketekukan, konsistensi dan kesetian pada bidang yang digelutinya.

Saya ingin katakan, sebagai blogger anda bisa juga berhasil. Profesi sebagai blogger bukan pekerjaan hina. Anda pernah dengar Budi Putra, wartawan TEMPO yang memilih berhenti sebagai wartawan dan memilih jadi blogger sejati. Jika gaji di TEMPO sampai jutaan dengan selalu terikat waktu dan deadline, sebagai blogger Budi bisa mendapatkan uang lebih besar dari gajinya di TEMPO tanpa terikat deadline. Budi tak harus berpacu dengan waktu, dan tak perlu merasa tidak enak dengan atasan, karena blogger bekerja untuk dirinya dan bebas.

Sekarang mari bersama-sama membangun mimpi kita dari dunia blog. Mari berinvestasi secara besar-besaran melalui blog. Kita ciptakan blog sebanyak mungkin, sebagai investasi untuk masa depan kita. Kita perbaharui isi blog setiap saat dengan isi-isi semenarik mungkin. Kita undang pembaca dengan tulisan-tulisan bermutu, sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog kita.

Bagaimana kita bisa mendapatkan duit? Tenang. Anda tak perlu resah dan gundah. Pengunjung blog adalah pasar kita. Melalui mereka kita bisa meraup keuntungan besar. Caranya, kita hanya perlu memasang iklan internet yang belakangan sangat terkenal seperti Adsense, adbrite, bivertiser, text-link ads, kumpulblogger, adspeedy, kliksaya, dan sejumlah program lainnya. Setiap pengunjung melakukan klik pada iklan yang kita pasang, pundi-pundi dollar dan rupiah kita akan terus bertambah.

Jika kita punya sejumlah blog dengan isi yang berbeda-beda, kita bisa mengundang pengunjung yang punya minat berbeda-beda. Setiap blog kita akan menghasilkan. Jangan berharap kaya dulu, tetapi belajarlah sabar. Sebab, melalui blog kita sedang merancang masa depan. Uang sejumlah Rp30 juta per bulan bukan lagi masalah bagi anda. Blog anda yang akan mengantarkan uang untuk anda.

Ketika pengunjung blog anda semakin banyak, anda bisa menawarkan diri pada perusahaan untuk memasang iklan di blog anda. Bukankah investasi melalui blog sangat menggiurkan?

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak

4 comments