09 March 2010

Duh, Indonesia Kembali Paling Korup!

Skandal Century yang menyeret sejumlah nama petinggi negeri belum tuntas, muncul kabar baru yang menyakitkan: Indonesia negara paling korup di Asia! Hah, memalukan! Mungkin itu respon spontan begitu membaca hasil survey perusahaan konsultan 'Political & Economic Risk Consultacy (PERC) yang berbasis di Hongkong, Seperti dilansir Vivanews, Senin (8/3).



Dari 16 negara Asia, Indonesia menempati rangking pertama. Sebuah prestasi yang tak patut dibanggakan. Indonesia mencetak nilai 9,07 dari angka 10 sebagai negara paling korup yang disurvei pada 2010. Nilai tersebut naik dari tahun lalu yang poinnya 7,69.

Seperti ditulis Vivanews, survey yang dilakukan PERC melibatkan 2,174 responden dari berbagai kalangan eksekutif kelas menengah dan atas di Asia, Australia dan Amerika.

Sedangkan posisi kedua ditempati Kamboja sebagai negara paling korup. Kemudian diikuti Vietnam, Filipina, Thailand, India, China, Taiwan, Macau, Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, Hongkong, dan Australia. Mereka semua termasuk negara paling korup dalam survey, selain Singapura.

Sebenarnya, hasil survey tidak mengejutkan. Indonesia sudah sering masuk dalam daftar negara terkorup. Hanya posisinya yang sering berubah-ubah. Tahun lalu, seperti dikutip Vivanews juga, Transparency International Indonesia (TII) merilis peringkat indeks korupsi (IPK) Indonesia pada tahun 2009 berada pada posisi 111. Indonesia naik peringkat, dari 126 pada tahun 2008.

Tentu saja kita tak bangga. Dijuluk negara korup bukan kebanggaan, melainkan aib. Butuh kerja keras dan juga kejujuran para pemimpin untuk berani menghukum pelaku korup. Harta koruptor perlu disita tak tersisa dan dicabut hak-hak dia (dalam bidang ekonomi, politik, hukum, dll) selama mungkin, sebagai hukuman.

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak