21 November 2018

Cara Mendaftar Google News, Tiga Hari Langsung Diterima

Google News
Cara mendaftar Google News ini sangat berguna bagi blogger yang ingin mendulang trafik organik dari Google. Blogger yang mengelola blog berjenis berita sangat dianjurkan mendaftar google news. Mereka tidak perlu bersusah payah mengoptimasi blog agar SEO Friendly. Melalui google news, sebuah blog berkategori berita sangat cepat diindeks oleh Google selaku mesin pencari terbesar di dunia.

Bagi yang belum mengerti apa itu Google News, penjelasan dari laman Wikipedia ini bisa membantu. Situs ensiklopedia virtual itu mendefinisikan Google News sebagai "layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci."

Melalui postingan kali ini, saya akan membagikan pengalaman cara mendaftar google news agar cepat diterima. Cara yang saya gunakan termasuk ampuh. Soalnya, saat mendaftar blog ke google news, tiga hari kemudian blog saya langsung muncul di pencarian berita. Itu artinya, aplikasi blog saya sudah di-approved oleh Google dan muncul dalam pencarian berita. Kalian tentu saja tidak akan percaya, bukan? Soalnya banyak teman blogger mengatakan bahwa masa tunggu sebuah blog setelah submit ke Google News agar diterima atau ditolak itu membutuhkan waktu 30 hari atau satu bulan.

Entah sedang mujur atau Google sedang berbaik hati, blog saya Aceh Pungo hanya membutuhkan waktu 3 hari saja untuk diterima oleh Google. Ini tentu saja di luar kebiasaan. Tapi, itulah yang saya alami dan karenanya melalui postingan ini saya akan membagikan kiat dan trik untuk menaklukkan seleksi ketat dari Google News yang tanpa kompromi itu.

Sebagai informasi, kalau blog kalian sudah men-submit ke google news dan ternyata ditolak, maka kalian harus menunggu selama 90 hari untuk bisa mengajukan atau mendaftarkan kembali blog kalian ke Google News. Jadi, sebelum memutuskan mendaftar blog ke Google News, kalian harus sudah benar-benar yakin bahwa semua persyaratan yang ditetapkan oleh Google dipenuhi. Kalau belum yakin, mending tidak usah dulu mendaftar. Masa tunggu 90 hari itu tidaklah sebentar, sobat!

Yuk, kita simak tips cara mendaftar Google News dari saya agar tiga hari langsung diterima oleh Google News.

Pertama, kalian harus memiliki blog TLD (top level domain). Kalau kalian serius menginginkan blog kalian masuk ke google news, mau tidak mau, kalian harus mempunyai blog TLD. Saya tidak menjamin blog gratisan seperti milik saya ini akan lolos seleksi dari tim Google News. Kenapa harus memiliki domain TLD? Blogger yang memiliki domain TLD dianggap lebih serius mengelola blog ketimbang blog gratisan. Kalau belum memiliki domain TLD, segera beli sesuai dengan niche yang kalian sukai.

Kedua, blog kalian harus berumur minimal 6 bulan. Kalau kalian membeli domain TLD sekarang, sebaiknya jangan dulu mendaftar ke Google News. Jangankan ke Google News, untuk mendaftar Google Adsense saja tidak dianjurkan. Lebih baik fokus mengoptimasi blog dan meng-update tulisan secara rutin, minimal 5 postingan sehari. Jadwal postingan kalian atur secara berimbang, misalnya pagi, siang, sore dan malam. Jangan posting tulisan dalam waktu yang berdekatan, karena itu terkesan kalian nge-blog suka-suka.

Ketiga, lengkapi informasi dan navigasi blog. Bagi saya, inilah hal terpenting yang harus dipenuhi kalau ingin menerapkan cara mendaftar Google News versi saya. Blog yang akan kalian daftar ke google news usahakan memiliki sitemap dan breadcrumb yang memudahkan Google menemukan konten kalian. Selain itu, kalian harus menyediakan informasi penting terkait blog kalian seperti tentang kami (about us), kebijakan privasi (privacy policy) atau term of use, disclaimer, pedoman media siber, dan kontak kami (contact us). Informasi-informa ini akan membuat blog kalian terpercaya.

Sebagai informasi, sebelum saya mendaftarkan blog saya ke google news, saya lebih dulu melengkapi data terkait informasi blog ini. Setelah semuanya saya anggap lengkap dan sempurna, barulah saya mendaftar ke google news.

Keempat, submit ke Google Search Console. Agar dapat mendaftar ke google news, situs kalian harus sudah diverifikasi di Google Search Console (dulunya bernama Webmaster Tools). Jadi, dengan mendaftarkan situs atau blog di Google Search Console akan memudahkan saat kalian mendaftar ke Google News: kalian nanti akan melihat keterangan "request inclusion in Google News" dan meng-klik tulisan tersebut untuk mendaftar. Selanjutnya, tinggal kalian isi sesuai dengan isi blog kalian.

Kelima, tampilan blog bergaya newspaper. Namanya Google News, otomatis blog yang akan kalian daftarkan memiliki tampilan situs berita. Usahakan kalian menggunakan desain/template bergaya situs berita. Ada banyak template bergaya magazine atau newspaper di internet. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera kalian.

Keenam, blog memiliki banyak penulis (author). Situs berita yang update setiap hari tentu saja tidak mungkin dikelola sendirian. Situs kalian harus memiliki banyak penulis, minimal 5-6 penulis untuk masing-masing kategori. Setiap hari, kalian harus memposting berita per kategori minimal 3 berita. Sebelum mendaftar blog ke Google News, usahakan agar para penulis blog kalian memposting tulisan untuk setiap kategori yang ada. Ini harus dilakukan seminggu sebelum kalian men-submit blog ke Google News dan saat masa review blog kalian oleh Google.

Bagi blog personal sangat sulit mengajak para penulis lain mau menulis di blog kita. Tapi ini bukan masalah besar. Kalian bisa membuat akun beberapa penulis sesuai nama yang kalian inginkan, dan usahakan agar nama penulis ini tercantum di bagian redaksi atau laman About us. Buat saja lebih simpel, misalnya penulis A menangani rubrik 1; penulis B menulis di rubrik 2; dan seterusnya.

Ketujuh, buat permalink sesingkat mungkin. Kalian bisa mengatur ini di fitur permalink dashboard situs kalian. Biasanya, Google sangat senang dengan permalink ringkas, seperti https://domainanda.com/judul-tulisan. Permalink singkat ini juga akan berguna ketika kalian melakukan optimasi untuk keperluan SEO blog.

Kedelapan, loading blog. Siapa pun pasti tidak suka kalau loading blog lambat. Pengunjung pasti akan segera mengklik tombol close kalau berjumpa dengan situs yang lambat/lemot saat dibuka. Google juga menyukai blog yang sangat cepat ketika diakses.

Bagaimana cara submit ke Google News? Sebenarnya ada dua cara mendaftar Google News. Merujuk pada penjelasan dari laman Google News, ada dua cara mengirim konten blog agar muncul dalam google news/google berita, yaitu: penerbit dapat mendaftarkan persyaratan bisnis dan melisensikan konten ke Google News melalui fitur Producer google news; atau pengirim dapat mengirim situs untuk disertakan ke google news melalui Pusat Penerbit, seperti yang kita bahas di atas.

Untuk mendaftar blog ke Google News, kalian bisa mengunjungi laman Pusat Penerbit melalui link berikut ini: Daftar Google News. Nanti kalian akan melihat gambar seperti di bawah ini.
Cara mendaftar Google News
Kalau blog kalian sudah diterima oleh Google News, kalian akan melihat tulisan "Included (News Index)" di bawah fitur News. Namun, kalau belum ada blog yang terindex Google News, kalian akan menjumpai tulisan "Request Inclusion in Google News". Kalian klik saja tulisan tersebut dan mulailah mendaftar google news.

Lalu, apa manfaat mendaftarkan blog ke Google News? Tentu saja banyak sekali manfaat dengan mendaftar blog ke google news. Di antaranya, blog kita langsung diindeks oleh Google setelah kita memposting tulisan. Jadi, tanpa perlu melakukan optimasi SEO, blog kita langsung terindeks di Google. Kalau kalian ingin agar blog kalin muncul di Google Trends untuk topik yang sedang hangat, usahakan untuk membuat postingan terkait topik tersebut minimal 5 tulisan. Trik ini akan membantu peningkatan lalu-lintas/trafik blog dan akan dihitung sebagai trafik organik.

Nah, kalau trafik blog kalian melimpah, tentu saja penghasilan kalian dari Google Adsense akan meningkat. Dengan jumlah pengunjung yang melonjak tajam, peluang mereka mengklik iklan yang dipasang di blog akan sangat besar. Bagi para blogger, trafik berarti sinyal datangnya dollar.

Demikianlah cara mendaftar Google News yang sudah saya praktikkan, dan alhamdulillah hanya butuh tiga hari blog saya langsung diterima masuk Google News. Saya tidak menjamin cara di atas akan mendapatkan hasil serupa bagi Anda. Soalnya, sebelum mendaftar Google News, blog saya sudah memiliki ribuan konten. Tapi, mencoba tidak ada salahnya, bukan?

Founder https://acehpungo.com. Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak.


EmoticonEmoticon