08 December 2018

Cara Monetisasi Blog untuk Pemula

Kali ini saya akan mengupas cara monetisasi blog untuk blogger pemula. Apa yang saya tulis ini berangkat dari pengalaman pribadi selama menekuni profesi blogger. Cara yang saya sampaikan ini benar-benar bisa diterapkan, syaratnya hanya satu: serius merawat blog sebagai sumber penghasilan.

Banyak penulis blog menyebutkan bahwa nge-blog dapat menjadi salah satu aktivitas yang menjanjikan dan menjadi sumber pendapatan. Bahkan, mereka banyak mengupas kisah sukses para blogger yang mampu meraup jutaan rupiah dari blog. Namun, kalian jangan mudah terkecoh dengan kisah-kisah sukses tersebut. Bagi banyak orang, blog memang menjadi salah satu alternatif mengumpulkan pundi-pundi dollar, tapi tidak semua orang memiliki peruntungan serupa.

cara monetisasi blog
Para blogger sukses yang menempati daftar blogger dengan penghasilan tertinggi tidaklah mendapatkannya secara instan. Mereka berjuang dari bawah, mengumpulkan receh demi receh, dan kemudian belajar menjadi blogger profesional dengan menerapkan berbagai teknik dan tips membangun blog yang dibanjiri pengunjung. Mereka mungkin saja pernah gagal berkali-kali dan hampir menyerah. Namun, mereka memilih tidak menyerah.

Ada banyak cara monetisasi blog yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan Google Adsense. Di kalangan blogger, program periklanan dari Google ini sangatlah populer, hampir semua blogger pernah memanfaatkannya untuk memonetisasi blog. Bukan hanya karena produk ini berasal dari salah satu mesin pencari terbesar di dunia, melainkan karena sejauh ini Google Adsense masih bertengger sebagai platform yang membayar lebih tinggi. Tapi, tidak mudah mengumpulkan pundi-pundi dollar dari Google Adsense terutama untuk blog berbahasa Indonesia yang cost-per-click (CPC)-nya sangatlah kecil.

Kalau pun kalian memilih menggunakan Google Adsense, sebaiknya kalian harus memiliki sifat sabar lebih banyak dari sebelumnya. Soalnya, untuk blogger pemula yang mengelola blog bahasa Indonesia, pendapatan yang kita dapatkan dari Google Adsense sangatlah kecil, dan butuh berbulan-bulan untuk bisa payout. Pun begitu, tidak tertutup kemungkinan juga kalau blog bahasa Indonesia bisa menghasilkan. Asalkan, kita memilih dan membuat blog dengan topik (niche) yang banyak dicari orang. Ada seorang teman saya, dia cuma mengelola blog yang mengupas soal peraturan desa, informasi desa, dan segal tetek-bengek perdesaan, dan bisa payout setiap bulan.

Jadi, kalau kalian memilih cara monetisasi blog melalui Google Adsense, maka kalian mutlak memiliki blog yang benar-benar unik dan mengisi konten yang benar-benar dibutuhkan banyak orang. Seperti kita tahu, trafik adalah salah satu kunci untuk mendulang banyak uang melalui blog. Kalian tidak harus belajar tentang teknik SEO yang kadang-kadang bisa bikin gila karena setiap tahun algoritma-nya diupdate oleh Google, melainkan cukup memanfaatkan jaringan media sosial untuk membagikan konten. Bangun komunitas pembaca yang memiliki ketertarikan dengan topik yang kalian tulis. Saya yakin, pelan-pelan blog yang kalian kelola akan memiliki pembaca setia. Para pembaca ini tidak akan sungkan-sungkan membagikan konten blog kalian kepada teman-temannya karena topik yang kalian bahas dibutuhkan oleh mereka.

Baca juga: Mau Sukses di Era Digital, Coba Sosiago Influencer Marketing

Oh ya, kalian juga bisa mencoba Sosiago, sebuah platform influencer marketing asli Indonesia. Memanfaatkan sosiago bisa menjadi salah satu cara monetisasi blog dengan pendapatan yang juga menggiurkan. Sosiago adalah re-branding dari iBlogMarket yang selama tiga tahun lebih menemani para blogger mencari uang melalui blog. Mendaftar di Sosiago bisa menjadi salah satu alternatif untuk para blogger mendapatkan uang. Kita tidak perlu bersusah-payah mencari pemasang iklan/pemesan tulisan, karena pihak sosiago yang akan mencari brands/advertiser untuk kita. Yang perlu kita lakukan adalah mendaftar untuk mendapatkan article placement yang biasanya disesuaikan dengan kategori blog.


Sekilas memang mirip dengan proses lelang, di mana kita harus bersaing dengan banyak blogger lain yang juga ingin mendapatkan job article placement. Yang harus kita lakukan adalah selalu mendaftar untuk campaign yang kita terima dan berdoa saja agar blog kita terpilih. Sejak mendaftar blog saya, acehpungo.com, pada November lalu di Sosiago, saya sudah mendapatkan dua campaign di mana masing-masing dibayar Rp112.500 untuk artikel sepanjang 300 kata. Enaknya, kita hanya tinggal mempublikasikan saja artikel yang sudah disiapkan itu. Sangat mudah, bukan?

Founder https://acehpungo.com. Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak.


EmoticonEmoticon