13 November 2018

Coba Sosiago Influencer Marketing agar Sukses di Era Digital

Kenapa kita harus coba sosiago influencer marketing? Inilah pertanyaan sederhana yang akan kita jawab melalui postingan singkat ini. Sosiago adalah platform influencer marketing produk anak negeri, dan karenanya perlu mendapat dukungan dari banyak pihak: apakah itu dari selebgram, buzzer, blogger maupun dari youtubers. Tidak hanya para influencer, para pemilik brand, advertiser maupun pemilik produk tertentu sepertinya perlu mencoba platform Sosiago ini.

Sosiago adalah tempat terbaik, di mana para pemilik brand/advertiser dan influencer, bertemu, bekerjasama dan saling mendukung. Pemilik brand butuh influencer untuk kepentingan mempromosikan sebuah produk agar go-publik, sementara influencer yang memiliki pengaruh di mata para pengikutnya membutuhkan kerja sampingan sekaligus mengasah branding mereka sendiri sebagai sosok panutan, dan karenanya mereka akan dibayar mahal. Bagi influencer pemula, bergabung dengan sosiago juga bisa menjadi sumber tambahan penghasilan.
coba sosiago influencer marketing
Coba sosiago influencer marketing
Kalau ada yang bertanya, mengapa owner sebuah produk (brand) atau advertiser harus mencoba sosiago influencer marketing? Tanpa perlu pikir panjang, kita bisa langsung menjawabnya, bahwa sebuah brand butuh citra. Dewasa ini internet marketing adalah medium yang tepat membangun citra, dan citra suatu brand mampu dibentuk oleh para influencer selaku trendsetter di era digital. Jawaban serupa begini, juga dapat kita temukan saat mengakses laman depan (landing page) Sosiago, di mana kita dihadapkan pada kalimat khas pemasaran, "Tingkatkan Awareness Bisnis Anda Melalui Pemilihan Influencer yang Tepat."

Apa itu Sosiago?

Dari segi nama, Sosiago memang tampak seperti pemain baru dalam industri influencer marketing, tapi sebenarnya tidaklah benar-benar baru. Pasalnya, sosiago merupakan re-branding dari situs iBlogMarket yang sejak tiga tahun lalu eksis di bisnis internet marketing dan menjadi wadah mempertemukan para pemasang iklan/advertiser dengan influencer.

Di era digital super-canggih seperti sekarang ini, model promosi konvensional tidak lagi benar-benar membantu, bahkan akan terlihat usang. Pemilik brand perlu mencoba influencer marketing dengan melirik para influencer yang kini mengendalikan jagat media sosial, terutama terhadap follower (pengikut) mereka. Daripada memasang iklan di koran, pemilik produk kini lebih memilih menggunakan influencer untuk memasarkan produk mereka, demi menjangkau kaum milenial.

Sosiago yang hadir pada 18 Oktober 2018 lalu, tampil untuk menjembatani pada pemilik brand/advertiser dengan influencer. Seperti kita tahu, advertiser atau pemilik brand membutuhkan para influencer (blogger, selebgram, buzzer atau youtubers), demikian juga sebaliknya. Sebuah kolaborasi yang sama-sama menguntungkan dari sisi bisnis. Inilah yang disebutkan dengan kolaborasi simbiosis mutualisme.

Sebenarnya owner brand/advertiser dapat memilih langsung memasarkan produknya ke sekelompok besar konsumen, tapi pengaruhnya kecil sekali pada peningkatan awarenes bisnis mereka. Lebih tepat kalau mereka membayar para influencer untuk mempromosikan produk dan menyampaikan pesan bisnis seperti yang mereka inginkan. Selain nampak normal, pengaruhnya juga sangat luar biasa dari sisi marketing.

Sebagai platform influencer marketing, Sosiago kini (saat tulisan ini ditulis) memiliki total 20150 influencer: dari jumlah tersebut, ada 2791 blogger; 268 buzzer di twitter; 695 selebgram; dan 352 youtubers. Dengan memanfaatkan sosiago, advertiser dapat memilih materi kampanye (iklan) seperti apa untuk menjangkau audiens: apakah untuk para pengguna Youtube, Instagram, Twitter atau pembaca blog. Menariknya, semua tersedia di platform Sosiago.

Baca juga: Cara Monetisasi Blog untuk Pemula

Influencer dari platform sosiago akan membantu menyampaikan pesan bisnis dari owner ke pasar yang lebih luas dengan cara organik. Mereka mungkin saja menggunakan merek/brand dari sebuah perusahaan dalam postingan mereka, memposting testimoni tentang brand atau mempublikasi konten yang sudah disiapkan advertiser. Oleh influencer itu, materi kampanye itu akan diolah sedemikian rupa sehingga tampak natural. Inilah alasannya, kenapa pemilik brand perlu coba sosiago influencer marketing, yaitu demi meningkatkan nilai brand mereka di mata publik.

Sosiago untuk advertiser
Kenapa harus coba sosiago influencer marketing? Karena Sosiago dapat menghemat waktu dan tenaga Anda. Sosiago mempermudah Anda menemukan influencer yang tepat, dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 60 detik. Sosiago juga memberikan pengalaman terbaik bagi advertiser menjalankan influencer marketing campaign dengan berbagai fitur kemudahan.

Misalnya, di Sosiago, advertiser dapat mencari influencer sekaligus melihat harga yang ditawarkan tanpa biaya tambahan (GRATIS selamanya). Kalau sudah ketemu, komunikasikan langsung pekerjaan yang Anda butuhkan dengan influencer. Dan, setelah semuanya selesai, monitoring pekerjaan yang tampilannya sangat user friendly dan informasi data yang disajikan pun sangat lengkap .

Intinya, melalui Sosiago, pemilik brand/advertiser hanya perlu melakukan tiga langkah mudah untuk melakukan promosi bisnis.

1. Buat Campaign
Buat bahan promosi atau kampanye baru dengan beberapa pilihan tipe sosial media yang bisa disesuaikan. Melalui cara ini, advertiser bisa menyesuaikan target audiens yang hendak dituju.

2. Pilih Influencer
Setelah bahan promosi dibuat, pilih sarana promosi yang cocok dari influencer yang terdaftar di Sosiago, dan segera komunikasikan langsung brief/pengenalan bisnis Anda.

3. Dapatkan hasil
Anda langsung bisa memantau performa awareness bisnis Anda melalui laman dashboard. Feedback bisa langsung dilihat saat itu juga.

Sosiago untuk influencer
Siapakah sebenarnya para influencer marketing itu? Dia bisa siapa saja, mulai dari artis yang baru naik daun hingga pesohor yang namanya saban hari dikutip media. Selain memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengikut di dunia maya, mereka mampu mempengaruhi pandangan para pengikutnya itu. Apa yang mereka pakai, kalimat yang mereka lontarkan atau film yang mereka tonton, diikuti dengan patuh oleh penggemarnya. Secara tidak sadar, apa pun yang mereka pakai dan lakukan segera menjadi trendsetter di kalangan masyarakat.

Mengapa mereka memiliki pengaruh demikian besar? Jawabannya adalah karena mereka memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut di dunia maya. Melibatkan mereka untuk memasarkan sebuah produk merupakan pilihan yang tepat, karena akan membantu meningkatkan "awareness bisnis Anda." Dan, dengan memanfaatkan sosiago influencer marketing, sebagai pemilik brand Anda tidak perlu bersusah-payah mencari influencer yang tetap untuk mempromosikan bisnis Anda. Soalnya, semuanya akan dilakukan oleh Sosiago Indonesia sebagai platform influencer marketing.

Lalu, apa manfaat yang didapatkan para influencer dengan bergabung dan coba Sosiago? Sejauh ini, sosiago banyak dimanfaatkan oleh para influencer (blogger, buzzer, selebgram dan youtuber) untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah para influencer yang bergabung dengan sosiago seperti sudah disebutkan di atas. Selain gratis, sistem kerja di influencer pun sangat sederhana dan tidak ribet seperti di platform lain. Inilah alasannya kepada influencer perlu bergabung dan coba sosiago influencer marketing.

Baca juga: Setelah 3 Bulan Mencoba Sosiago, Sebuah Platform Infulencer Marketing

Sistem kerja influencer di sosiago sangat mudah. Untuk mendapatkan penghasilan dari sosiago atau bisa gajian tiap bulan, para influencer cukup membuat dan menambahkan channel (tinggal pilih: apakah sebagai blogger, selebgram, buzzer atau youtuber) dengan mengisi harga penawaran; terima pekerjaan dari brand di mana jenis pekerjaan itu bisa dikomunikasikan dan biasanya bisa kita lihat langsung dari brief; dan kalau pekerjaan kita di-approved maka saatnya kita menerima uang.
sosiago influencer marketing
Sosiago, platform influencer marketing
Proses withdraw di platform sosiago influencer marketing tidaklah ribet. Jumlah pendapatan yang kita terima dapat dipantau langsung melalui fitur billing, dan uang itu masuk menjadi saldo. Kalau pendapatan yang sudah kita terima tidak dalam status sedang ditabung, maka uang itu akan secara otomatis bisa di-withdraw dan bisanya akan masuk ke rekening kita pada Kamis minggu kedua setiap bulan. Sebagai influencer kita tidak harus repot-repot melakukan withdraw karena semuanya dilakukan secara otomatis oleh platform.

Mengapa Sosiago Influencer Marketing?

Dari pemaparan di atas sudah terlihat jelas, bahwa Sosiago menjadi tempat terbaik mempertemukan para advertiser atau pemilik brand dengan influencer. Bagi advertiser bisa menyesuaikan platform media promosi yang benar-benar cocok dengan bisnis mereka, apakah untuk menjangkau pembaca blog, pengguna instagram, twitter atau youtube. Dengan pilihan ini, maka keampuhan sebuah iklan menjangkau target audiens sehingga tetap sasaran sangat diunggulkan.

Testimonial dari influencer individu seperti jurnalis, akademis, atau youTuber selama ini telah berperan mendorong pembelian sebuah produk. Kalian tentu masih ingat, bagaimana pembelian jaket bomber meningkat tajam setelah dipakai oleh Presiden Joko Widodo, atau buku Noam Chomsky "Hegemony or Survival" yang banyak diburu orang setelah dipegang oleh mendiang Presiden Venezuela, Hugo Chavez.

Baca juga: Cara Mendaftar Google News, Tiga Hari Langsung Diterima

Pemilik brand tentu saja tidak perlu jasa seorang presiden demi mendongkrak citra produk mereka. Mereka hanya perlu coba sosiago influencer marketing saja, dan sebagai gantinya, awareness brand Anda akan meningkat.

Sementara bagi influencer, sosiago bisa menjadi salah satu skema mendapatkan penghasilan dari aktivitas online. Jumlah yang diterima sangat tergantung pada pengaruh seorang influencer serta berapa task yang mereka dapatkan. Semakin banyak mendapatkan jobs, tentu pendapatan yang diterima juga akan besar. Oh ya, satu lagi, #cobasosiago itu gratis, loh!

Founder https://acehpungo.com. Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak.


EmoticonEmoticon