Sosok Liza Aulia

Kuthiding. Saya yakin, mayoritas masyarakat Aceh, tua-muda, sudah pernah mendengar lagu yang katanya berasal dari mantra menjinakkan harimau. Malah, penikmat lagu ini tak hanya orang Aceh, orang luar Aceh juga senang mendengarnya. Apalagi musiknya menyentak banget. Lagu ini pula yang mempopulerkan namanya.

Dialah Liza Aulia, sang penyanyi lagu Kuthiding yang cukup populer tersebut. Wajahnya Aceh banget. Jangan tanya secantik apa wajahnya, karena pasti cantik dan manis. Senyumnya juga alami, seperti terlihat dari fotonya. Hal itu tak terlepas dari usianya yang sangat muda.

Lia, demikian wanita lahir di Banda Aceh, 15 November 1986 disapa. Namanya, mulai terkenal sejak bermain dalam film dokumenter “Serambi” yang digarap sineas terkenal Indonesia, Garin Nugroho. Film tersebut diproduseri oleh Cristine Hakim, pemeran tokoh Cut Nyak Dhien dalam film dengan judul sama: Cut Nyak Dhien.

Film “Serambi” yang dibintangi Liza sempat diputar di Hard Rock CafĂ©, Jakarta. "Liza mendapatkan predikat terbaik dalam film itu," demikian ucap wanita bersuamikan seorang tentara ini ketika dihubungi wartawan Harian Aceh, melalui HP Om Syech.

Liza Aulia pantas senang, karena terpilih sebagai pemeran utama dari ribuan wanita Aceh yang mendaftar. Ini tentu saja bukan kebetulan, karena Liza tercatat sebagai seorang penari sebuah Sanggar di Aceh, yang sering disorot kamera. 

Bagi sebagian masyarakat Aceh, saya percaya sudah tak asing lagi dengan suara gadis berkulit kuning langsat ini. Soalnya, salah satu lagu hitnya “Kuthiding” yang diproduksi Kasga Record jadi nada sambung atau nada dering dan jadi ring back tone (RBT) para pengguna HP di Aceh. Versi Audio CD dan VCD direncanakan beredar setelah Idul Fitri ini.

Karena wajah cerahnya, tak salah dong jika saya juga memajang foto dia di blog ini, biar pengunjung ikut fresh. Soalnya, wajah mahasiswi FKIP Unsyiah ini menarik untuk dilihat dan dipandang lama-lama.

Tapi jangan pandang lama-lama pada bulan Ramadhan, takut timbul keinginan macam-macam, dan bisa membatalkan puasa.


Jadi, saya harap, tidak ada yang memprotes, jika saya ikut memasang foto artis Aceh ini, yang memiliki suara sangat merdu. Itung-itung promosi artis lokal. Siapa tahu ikut terkenal seperti Rafly. Kan bosan juga dengar suara Rafly terus, sesekali boleh dong mendengarkan suara merdu Liza. Sukses ya Liza Aulia.

sumber foto: Suryadi (Om Dek) 
Download Kuthiding dan Panglima Prang
Dilarang mengutip sebagian atau seluruhnya isi blog ini kecuali menyebutkan sumber tulisan secara jelas. Untuk kepentingan komersial, hubungi pemilik blog di email tintamirah@gmail.com. Terima kasih

Cari artikel lain di sini