Inikah GAM Tandingan?

Tanpa sengaja saya membuka situs The Government of Independent Acheh Sumatera. Desainnya masih sederhana, dan menggunakan bahasa Inggris serta Indonesia. Di dalamnya berisi informasi soal deklarasi lanjutan Gerakan Aceh Merdeka serta kontak gerakan ini (semacam perwakilan) di sejumlah Negara.

Membuka halaman depan, kita langsung tahu jika situs ini dimaksudkan sebagai corong perjuangan gerakan yang bisa jadi sebagai tandingan Gerakan Aceh Merdeka. Di bagian header, terdapat lambang buraq singa (lambang Gerakan Aceh Merdeka) dan di bawahnya tertulis ‘The Government of Independent Acheh Sumatera’. Di bagian header juga terdapat foto gerakan Referendum 8 November 1999 serta sejumlah random terkait konflik Aceh. 



Penjelasan soal lambang buraq singa bisa kita dapatkan di menu ‘Acheh’. Gerakan ini mengakui jika lambang buraq singa ini digagas oleh Teungku Hasan Tiro.

Seperti gerakan perlawanan lainnya, gerakan memiliki pemimpin dan kabinet. Di menu ‘About Us’ kita bisa mengetahui siapa saja tokoh Gerakan ini lengkap dengan struktur. Sosok Teungku Husaini Hasan yang di kalangan GAM pernah diklaim sebagai pemimpin MP GAM menduduki posisi Parliament Speaker dalam gerakan ini.

Baca dulu ini: Hasan Tiro, Sang Ideolog Aceh Merdeka | Partai Aceh Terbelah | Partai Aceh Usung Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf | Merindukan Sosok Abdullah Syafie

Membuka website ini, kita jadi tahu siapa saja mereka dan apa yang hendak dicapai. Pesan yang saya tangkap, Gerakan ini hendak membuka front perlawanan dengan GAM pimpinan Malek Mahmud dan Zakaria Saman. Hal ini terbaca jelas dalam rilis berjudul “Pembunuhan Bangsa Aceh oleh Bangsa Sendiri”. Membaca rilis ini, kita tersentak, saat disebutkan pembunuhan sejumlah tokoh Aceh seperti Prof Safwan Idris, Prof Dayan Dawood, Teungku Nashruddin Daud, dan Jakfar Siddik atas  perintah petinggi GAM pimpinan Malek Mahmud dan Zakaria Saman.


Kita juga bisa membaca bagaimana kisah syahidnya Teungku Abdullah Syafie, Ismail Syahputra, Ishak Daud dan lain-lain. Silakan baca sendiri di website The Government of Independen Acheh Sumatera atau di milis IACSF. Agar terbaca utuh rilis tersebut, saya kutip lengkap di bawah ini seperti apa adanya:


Pembunuhan Bangsa Aceh Oleh Malik Mahmud & Zakaria Saman
Kepada Bangsa Aceh semua,
Assalamualaikum. 
Berikut ini adalah daftar nama-nama Bangsa Aceh yang telah dibunuh atas perintah Malik Mahmud dan Zakaria Saman:
1. Malik Mahmud dan Karya Saman, dalang pembuhunan Safwan Idris, 16 sept 2000.  Ayah Almarhum tdk tahu, sampai Tgk Idris yg peusijôk Malik Mahmud waktu pertama datang ke Aceh tahun 2006. 
2. Malik Mahmud dan Karya Saman, otak pembunuhan Dayan Daud 6 sept 2001, yg memerintahkan pasukan katak hijau Pidie. 
3. Malik Mahmud dan Karya Saman yang memberi perintah membunuh Jafar Sidiq di Medan, dituduh ada hubungan dengan MP-GAM, pimpinan Husaini Hasan. 
4. Malik Mahmud dan Karya Saman otak pembunuhan Tengku Nashruddin Daud, anggota DPRD Aceh Selatan, dituduh tak menyukai pemimpin GAM. 
5. Malik Mahmud dan Karya Saman otak pembunuhan Ismail Shah putra, sesudah mengirim milyard rupiah kedalam rekekning abangnya Amir Mahmud di Singapura. 
6. Malik Mahmud dan Karya Saman otak pembunuhan Brigjen HT Johan, mantan Wagub dan otak pembunuh Zaini Sulaiman, anggota DPRD Aceh. 
7. Malik Mahmud dan Karya Saman otak pembunuhan sadis atas Tengku Usman Pasi lhok dan Tengku Wabah di Sungi Cincin, Gombak Malaysia, sebab dituduh rapat dengan MP-GAM dan MB-GAM. Eropa 
8. Malik Mahmud dan Karya Saman otak pembunuhan Iftah Habib dan Win Zuhdi Banta mude yang dibunuh secara sadis oleh Ilham Illyas Leubé dkk. Alm dibunuh setelah mengirim 2 miyard rupiah kedalam rekekning abangnya Amir Mahmud di singapura. 
9. Pada tahun 1999 Malik Mahmud dan Karya Saman memerintahkan pasukan kombatan Gam untuk menghabisi semua anggota DPR dan pejabat di Aceh yang dianggap pro Indonesia dan tidak membantu perjuangan GAM
10. Memerintahkan panglima wilayah Pidie untuk mengucilkan Tgk Lah Syafii dan tidak dibolehkan mengawal beliau setelah dituduh memberi komentar salah kepada Bondan Gunawan, sehingga beliau ditembak pasukan Indonesia tanpa pengawalan pasukan GAM, pengawal rekan setia dan isterinya 
11. Malik Mahmud dan Karya Saman mencopot jabatan panglima wilayah Peureulak dari Ishak Daud melucuti senjata dari pasukan Ishak Daud karena dituduh sering memperotes kebijakan Malek Mahmud 
Saya harap informasi ini dapat menjadi bahan masukan untuk semua Bangsa Aceh untuk dapat melihat siapa sebenarnya Malik Mahmud dan Zakaria Saman itu.
Sekian dan wassalam.
Apakah ini pertanda, gerakan  yang dituding MP GAM ini ingin mengganti posisi GAM yang sudah berdamai dengan RI. Silakan dijawab sendiri.[]


---Update 1: belakangan link 'Pembunuhan Bangsa Aceh oleh Bangsa Sendiri' di website tersebut tak bisa diakses lagi, kemungkinan sudah dihapus oleh adminnya. Wacana ini kian panas setelah Gubernur Irwandi Yusuf melontarkan pernyataan serupa dalam Rakerpus III Partai Rakyat Aceh (PRA), bisa baca di Harian Aceh

----Update: 2 Sejak beberapa waktu lalu website The Government of Independent Acheh Sumatera tidak bisa diakses lagi, besar kemungkinan langganan domain tersebut tidak lagi diperpanjang atau sudah dipindah ke situs www.asnlf.org
Share this post

9 comments :

  1. semoga kedamaian di bumi aceh tetp terjga

    BalasHapus
  2. kita juga berharap Aceh selalu aman dan damai...terima kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  3. Saya selalu berharap dan mendoakan Aceh selamanya menjadi saudara sebangsa saya

    BalasHapus
  4. terima kasih sudah berkunjung...

    BalasHapus
  5. Yang gangung dame di Aceh nyan ngoen parang ta tak bak taku,

    BalasHapus
  6. Bos<,
    Kalo bikin postingan baru, jangan lupa cantumin tanggal/edisi. Supaya kita tahu dan bisa meyakinkan data yang kita baca ini versi berapa tgl berapa.

    Terus, ada baiknya topik yang mengandung (nilai) sejarah itu didukung referensi yang beragam, karena sangat banyak sekarang informasi yang menyesatkan dan dipelintir sesuai selera dan keinginan si Penulis.

    Dan (juga) kesan asal kejar jam tayang bisa dihindari.

    Regards

    BalasHapus
  7. Anonim01.05

    Saya Lebih Percaya dengan MP GAM daripada GAM2 laen nyang memang palsu.

    BalasHapus
  8. Kalo dulu Aceh bersimbah darah, maka sekarang Aceh di persimpangan jalan...

    BalasHapus
  9. mari berjihad tanpa senjata berjuang secara diplomatis.


    saleuem dari gampongaceh.org

    BalasHapus