06 July 2014

Tips Menghasilkan Dollar dari Internet

Belakangan ini beberapa teman Saya sedang semangat-semangatnya menulis blog. Mereka jadi rajin utak-atik tampilan blog plus menulis postingan terbaru. Sekali pun belum menghasilkan dollar dari internet, tetapi minimal mereka sudah merasakan manfaat dari menulis blog: tulisan mereka kini dibaca banyak orang. Saya pun jadi ikut senang ketika ada kawan bilang, "tulisanku sudah tembus 12.000 page view." Di luar itu, menulis (apalagi menulis di blog) tetap merupakan aktivitas yang menyenangkan.

Namun, masih banyak yang memandang sebelah mata profesi blogger. Ngeblog atau menulis posting di blog dianggap perbuatan yang buang-buang waktu. Mereka lupa, bahwa aktivitas ngeblog membuat semangat belajar dan menulis jadi meningkat. Karena setiap hari kita belajar bagaimana menulis dengan baik agar tulisan kita dinikmati orang. Membaca, menulis dan memperbaiki tulisan adalah cara untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Dollar dari Internet
Nah, semakin populernya kegiatan ngeblog, tak sedikit para blogger yang sudah merasakan manfaat dari aktivitas ngeblog. Sebut saja, memenangkan lomba blog, menerima order penulisan review produk maupun diundang sebagai pemateri untuk berbagi pengalaman menulis blog, termasuk mendapatkan uang dari internet. Bahkan, bagi sebagian orang, aktivitas menulis di blog pun menjadi medium membentuk personal branding. Saking kuatnya pengaruh para blogger, beberapa brand besar kini mulai menggandeng para blogger untuk ikut mempromosikan perusahaan mereka, di antaranya dengan menggelar kompetisi menulis blog atau kontes SEO (search engine optimization).

Pelan tapi pasti, orang-orang mulai terbuka matanya terhadap kehadiran blog, dan tak lagi memandang sinis kegiatan ngeblog. Kehadiran blog keroyokan seperti blogdetik, kompasiana dan vivalog, misalnya, turut menempatkan aktivitas ngeblog di tempat terhormat. Jika ditekuni dengan serius, kegiatan ngeblog prospeknya sangat menjanjikan, karena ngeblog bisa menjadi profesi menambah penghasilan sampingan. Tak perlu jauh-jauh, di Indonesia (bahkan Aceh) kita sudah banyak membaca cerita sukses para blogger dari aktivitas ngeblog. Beberapa di antara mereka mampu menghasilkan ribuan dollar dari menulis blog.

Menghasilkan $180 per Bulan
Saya bukan blogger sukses, tetapi Saya sudah merasakan banyak manfaat dari aktivitas ngeblog: jadi rajin menulis, memiliki koneksi dengan para blogger dan membangun brand. Lalu, apakah Saya pernah mendapatkan dollar dari aktivitas ngeblog? Jujur Saya akui, penghasilan ada, tapi belum memuaskan. Hehehe. Inilah yang membuat Saya masih penasaran hingga kini.

Tapi kalau dipikir-pikir, sebenarnya tak sulit menghasilkan $180 per bulan dari blog, asal tahu cara manajemen blog. Ah, mana bisa menghasilkan $180 per bulan dari blog? Bisa donk. Malah sudah banyak blogger yang menghasilkan lebih dari itu. Cari saja informasinya di internet atau baca succes story di google adsense. Kita akan tercengang.

Nah, jika anda benar-benar serius, tahap pertama anda harus memiliki akun Google Adsense. Bagi para blogger yang hendak cari penghasilan dari internet wajib memiliki akun Adsense (juga akun media.net, infolinks, tekt-link-ads, chitika, dan sebagainya). Kali ini, kita bahas dulu tentang google adsense. Syaratnya, jangan pesimis dan cepat menyerah sebelum mencoba. Banyak blogger pemula sering patah arang ketika blog tak kunjung menghasilkan.

Kalau memang serius mau menghasilkan $180 per bulan dari blog, coba terapkan manajemen ngeblog seperti berikut ini. Caranya, untuk tahap pertama, siapkan 6 (enam) buah blog, boleh yang blogspot maupun beli domain-hosting sendiri. Masing-masing blog itu dibuat sesuai topik tertentu: otomotif, kuliner, edukasi, lowongan kerja, beasiswa, teknologi (sesuaikan dengan minat). Jadi, kita asumsikan saja, bahwa kita kini memiliki enam blog dengan topik beragam seperti di atas.

Bagaimana mengelola blog yang cukup banyak ini? Ini pertanyaan kesekian yang muncul di benak anda. Tenang. Kita bisa menerapkan manajemen blog seperti disinggung di atas. Masing-masing blog itu kita bagi dalam bentuk kelompok: Kelompok 1 dan kelompok 2. Untuk kelompok 1 jadwal updatenya lakukan pada Senin-Rabu, sementara untuk kelompok 2, jadwalnya Kamis-Sabtu.

Kelompok I (Senin-Rabu)
1. Blog A (satu posting tiap Senin-Rabu)
2. Blog B (satu posting tiap Senin-Rabu)
3. Blog C (satu posting tiap Senin-Rabu)

Kelompok II (Kamis-Sabtu)
1. Blog D (satu posting tiap Kamis-Sabtu)
2. Blog E (satu posting tiap Kamis-Sabtu)
3. Blog F (satu posting tiap Kamis-Sabtu)

Tiap hari cukup buat satu posting dulu untuk masing-masing blog (tiga posting setiap hari), tapi harus rutin minimal selama enam bulan. Setelah enam bulan tak masalah jika posting jadi dua hari sekali atau seminggu dua kali. Selama enam bulan kita bekerja membangun popularitas blog, menjaring pembaca dan melakukan optimasi kata kunci dengan sedikit trik SEO. Usahakan agar trafik blog kita alami melalui mesin pencari. Selanjutnya jaga pengunjung rutin sambil menjaring pengunjung baru.

Bagaimana cara kerja?
Lalu bagaimana menghasilkan $180 per bulan? Awalnya jangan target yang muluk-muluk dulu, melainkan cukup 1 dollar per blog setiap hari. Pasalnya, kita sudah punya enam blog, berarti jika tiap hari rutin menghasilkan 1 dollar per blog berarti kita sudah mengumpulkan 6 dollar per hari atau 180 dollar per bulan. Mudah, bukan? Tapi sebenarnya susah loh, karena nilai klik iklan Adsense blog berbahasa Indonesia sangat rendah. Jangan menyerah, kita bisa mencari informasi kata kunci apa yang memiliki nilai klik tertinggi. Cuma itu? Ya tidak donk. Kita perlu mempraktekkan tips berikut ini dengan sungguh-sungguh:

Pertama, posting secara rutin. Boleh sehari satu posting atau kalau mampu dua posting, pagi dan sore. Menulis posting secara rutin membuat pengunjung blog betah karena mereka mendapatkan tulisan terbaru setiap hari. Usahakan tulisannya ditulis sederhana, tetapi menarik. Kalau perlu dengan menembak kata kunci tertentu yang sedang trending. Pengunjung suka bacaan yang ringan dan kocak. Sesuaikan saja.

Kedua, pemasangan iklan jangan berlebihan. Jumlah iklan yang banyak jelas membuat pengunjung terganggu dan bosan, apalagi jika kemunculannya menyita lebih banyak ruang. Selain itu, jangan memasang iklan dari platform berbeda dalam satu blog. Jika fokus ke Google Adsense ya itu saja yang dipasang, jangan tambah Chitika, Adbrite atau Infolinks. Jaga jangan sampai iklan-iklan itu mengganggu tampilan halaman, termasuk jika diakses melalui perangkat mobile.

Ketiga, pilih salah satu topik yang disukai. Jika senang mengulas masalah fashion, ya fokus itu saja, jangan dicampur-campur dengan topik lain. Topik tertentu sangat penting untuk penargetan iklan. Jadi pilih topik yang benar-benar disukai dan dikuasai. Hal ini penting karena biasanya jika kita menyukai suatu topik, kita akan bersemangat menulis dan mengupdate informasi terkait topik tersebut. Hindari copy-paste karena ini sangat tidak disukai, oleh orang yang tulisannya dicuri maupun oleh Google.

Keempat, jadilah blogger yang aktif dan kreatif. Aktif di sosial media maupun di forum-forum yang memiliki jumlah anggota cukup besar sangatlah penting, kemudian kreatif dalam menulis. Tapi jangan berlebihan sampai over promosi. Cukup pilih group atau forum yang memiliki jumlah anggota yang lumayan besar dan sesuai dengan minat yang digeluti di blog. Banyak group atau forum dibuat karena memiliki minat yang sama.

Kelima, berdoa. Berdoalah semoga kegiatan ngeblog memberi manfaat untuk diri sendiri maupun untuk pembaca. Niatkan kegiatan ngeblog untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan pembaca, bukan semata-mata untuk mencari keuntungan materi. Anggaplah ngeblog sebagai bagian dari sharing knowledge atau berbagi pengetahuan, syukur-syukur kalau bisa menghasilkan dollar dari internet. Di luar itu, yang lebih penting sebenarnya adalah SEMANGAT!

Artikel Terkait

Seorang blogger yang aktif menulis isu Aceh, jurnalisme, blogging dan artikel motivasi. Bisa disapa di twitter @almubarak